Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Boleh Ikut Seleksi, Peserta Tes SKD CPNS di Semarang Lakban Hitam Sepatunya

Kompas.com - 10/02/2020, 18:07 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG.KOMPAS.com - Sejumlah peserta tes SKD CPNS kedapatan tak mematuhi syarat perlengkapan mengenakan kemeja dan sepatu yang digelar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Bahkan, beberapa di antaranya ada yang melakban hitam sepatunya demi diperbolehkan mengikuti jalannya tes seleksi tersebut.

Namun, beruntungnya, salah satu peserta asal Pekalongan, Mahardika, masih diberi kesempatan untuk mengikuti tes seleksi dengan meminjam kemeja dan sepatu yang telah disediakan oleh panitia di help desk.

"Ini sangat menguntungkan bagi kami para peserta. Karena tidak perlu melakban sepatu dan gagal ikut ujian karena hal ini,” jelas Mahardika, di Udinus Semarang, Senin (10/2/2020).

Baca juga: Garam Berbau Kemenyan Ditemukan di Lokasi Tes CPNS di Yogyakarta

Melihat fenomena banyaknya peserta seleksi yang tak mematuhi peraturan terkait pakaian yang dikenakan, tim panitia SKD CPNS berinisiatif menyediakan fasilitas peminjaman perlengkapan kemeja putih polos berkerah hingga sepatu hitam.

Ketua Panitia Tes CAT CPNS dari Udinus, Mohamad Sidiq mengatakan peserta yang ingin meminjam wajib mengisi formulir berisi nama dan nomor peserta yang disediakan di help desk dekat gedung E Udinus.

"Kami melihat banyak peserta yang salah memakai perlengkapan sesuai aturan yang ditentukan oleh panitia BKD. Terutama pada pemakaian sepatu dan banyak juga peserta yang menghitamkan sepatu menggunakan lakban. Ini inisiatif kami memfasilitasi para peserta,” jelasnya.

Pada kegiatan SKD CPNS formasi tahun 2019, para peserta diwajibkan memakai kemeja putih polos berkerah, lengan panjang, celana panjang berwarna hitam formal, sepatu formal berwarna hitam.

Baca juga: Cerita di Balik Surat Curhatan Hati Peserta Tes CPNS di Aceh, Keluhkan Sistem Ujian

Sedangkan bagi wanita diperbolehkan menggunakan celana/rok panjang formal berwarna hitam, sepatu formal berwarna hitam (flat shoes warna hitam dan rok plisket diperbolehkan), dan bagi wanita yang berhijab diwajibkan menggunakan kerudung kain polos berwarna hitam.

Kali ini, kegiatan SKD dari Kota Pekalongan diselenggarakan pada 10- 11 Februari 2020.

Sebelumnya telah digelar kegiatan SKD dari Kota Semarang pada 27-28 Januari 2020. Kabupaten Tegal diselenggarakan dari 1-6 Februari 2020, Kabupaten Brebes pada 7 Februari 2020 dan Kabupaten Wonosobo pada 8-9 Februari 2020.

Selanjutnya, kegiatan SKD dari Kabupaten Batang pada 12-13 Februari 2020 dan Kota Tegal pada 14-15 Februari 2020.

Info lengkap mengenai penyelenggaraan CPNS 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dapat diakses di laman http://cpns.dinus.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com