Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Lestarikan Tenun Rongkong, Bupati Luwu Utara Raih Penghargaan

Kompas.com - 08/02/2020, 18:33 WIB
Anissa DW,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepedulian Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan Indah Putri Indriani terhadap budaya dan tradisi Tenun Rongkong membuahkan hasil positif.

Kain tenun itu resmi mendapatkan Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HaKI) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Senin (3/2/2020).

Upaya Indah dalam melestarikan tenun Rongkong juga mendapat apresiasi berupa Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Ajang tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Pelataran Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjar Baru, Sabtu (8/2/2020).

Baca juga: Ini Antisipasi Pemkab Luwu Utara Hadapi Angin Monsun Asia

Hadir dalam acara itu, Presiden Joko Widodo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan para Duta Besar.

“Kami usulkan tenun Rongkong dalam proses seleksi Anugerah Kebudayaan PWI Pusat dan Alhamdulillah, kemarin telah mendapatkan Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HaKI) dari Kementerian Hukum dan HAM,” ucap Indah dalam keterangan tertulis.

Ia melanjutkan, penghargaan itu menjadi wujud nyata upaya melestarikan kebudayaan. Menurut dia, tenun Rongkong adalah hasil cipta, rasa, dan karsa masyarakat Luwu Utara.

“Kami ingin memastikan kebudayaan di Luwu Utara, khususnya tenun Rongkong, dapat terjaga keberlangsungannya dan dipastikan tidak hilang. Terus bertahan sesuai perkembangan zaman,” ujar Indah.

Penghargaan untuk masyarakat Luwu Utara

Indah mengatakan, penghargaan tersebut dia persembahkan untuk masyarakat Kabupaten Luwu Utara.

Menurut dia masyarakat telah ikut menjaga kebudayaan di Luwu Utara. Tak lupa, Indah memberikan apresiasi kepada segenap jajaran di pemerintahan daerah.

Selain Indah, terdapat sembilan Kepala Daerah lain yang juga menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat.

Baca juga: Ke Jakarta, Bupati Indah Hadiri Penandatanganan Serah Terima Berita Acara Aset Hibah

Mereka adalah Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, dan Bupati Tubaba Umar Achmad.

Selanjutnya, ada Bupati Halmahera Barat Danny Missy, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Bupati Gunung Kidul Badingah, Wali Kota Baubau AS Tamsir, dan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com