Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Penjahit-Ketua RW Ini Maju Pilkada Solo 2020, Didukung Relawan Jokowi

Kompas.com - 08/02/2020, 14:18 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surakarta dari jalur Independen di Pilkada Solo 2020.

Mereka adalah pasangan dari jalur perseorangan yang pertama kali mendeklarasikan diri ikut berlaga dalam kontestasi pesta demokrasi lima tahunan di Solo.

Bagyo adalah warga RT 001, RW 006, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan. Ia merupakan seorang penjahit.

Sedangkan FX Supardjo adalah warga RT 001, RW 007, Karangturi, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan. Supardjo merupakan ketua RW 007 di Kelurahan Pajang.

Baca juga: DPC Gerindra Surakarta Siap Usung Gibran jika Tak Dapat Rekomendasi PDI-P di Pilkada Solo

Pasangan Bajo maju jalur independen dengan didukung jaringan Tikus Pithi Hanata Baris yang merupakan organ relawan pendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Setahun yang lalu kami sudah melakukan penggalangan dukungan (jalur independen) dari bawah bersama Tikus Pithi Hanata Baris," kata Bagyo, dalam konferensi pers di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/2/2020).

Pasangan Bajo mengklaim telah mengumpulkan sebanyak 37.442 dukungan atau 100,33 persen melebihi syarat dukungan jalur independen yang ditetapkan KPU Kota Surakarta 8,5 persen atau 35.870 dukungan dari total daftar pemilih tetap (DPT).

Dia menyebut, jumlah dukungan itu tersebar di lima kecamatan, yakni Banjarsari 8.820 dukungan, Jebres 10.163 dukungan, Laweyan 6.031 dukungan, Pasar Kliwon 7.889 dukungan dan Serengan 4.519 dukungan.

"Syarat dukungan akan kami serahkan ke KPU tanggal 21 Februari 2020," kata dia.

Bagyo mengatakan, tidak ada kendala dalam mengumpulkan syarat dukungan tersebut.

Pasangan Bajo mendatangi rumah warga secara door to door minta doa restu syarat dukungan jalur independen.

"Satu persatu warga kami datangi nyuwun pangestu dan sedekah e-KTP. Jadi, kalau ingin perubahan yang lebih baik di Solo, kami didik masyarakat kami untuk berpolitik yang baik," terang Bagyo.

Pasangan Bajo diberikan mandat maju sebagai jalur independen di Pilkada Solo 2020 oleh Tikus Pithi Hanata Baris pada 14 Mei 2019.

Sehingga pencalonannya tersebut tidak dilakukan secara tiba-tiba.

"Tanggal 14 Mei 2019 kami sudah deklarasi kecil-kecilan untuk memantapkan maju atau tidak sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surakarta," tambah Supardjo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com