Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Penghubung Pacet-Trawas Tertutup Material Longsor

Kompas.com - 07/02/2020, 22:57 WIB
Dheri Agriesta

Penulis

Sumber Antara

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Pacet-Trawas, tepatnya di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur tertimbun material tanah longsor pada Jumat (7/2/2020).

Timbunan longsor membuat akses yang menghubungkan wilayah pegunungan di Mojokerto ini tertutup sementara.

"Tadi sore hujan deras membuat jalur tersebut sempat tertimbun material tanah longsor," kata Nur Hayati warga Pacet seperti dilansir Antara, Jumat.

Nur mengatakan, hujan deras membuat sungai yang berada di wilayah Pacet meluap. Luapan sungai menggenangi jalan raya di wilayah Padusan.

"Mungkin curah hujan yang cukup tinggi membuat wilayah tersebut diterjang banjir," katanya.

Kepala Desa Claket Umbar Mulyadi mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Dusun Mligi terjadi mulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

"Diperkirakan longsor tebing sekitar pukul 15.00 WIB. Tebing yang longsor diperkirakan setinggi 30 meter," katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto Muhammad Zaini menyebut, selain longsor di jalan Trawas Pacet, longsor juga terjadi di bantaran Kali Kromong, Pacet.

"Selain longsor menutup akses jalan di Dusun Mligi, longsor juga terjadi di Kali Kromong, Pacet. Tak hanya itu, hujan juga mengakibatkan air bah masuk ke halaman dan kelas Ponpes Amanatul Ummah. Besok akan dikerahkan alat berat lokasi longsor di Dusun Mligi," katanya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, tingginya curah hujan di wilayah Pacet Jumat petang ini membuat Kali Kromong dan Kali Katir kelebihan kapasitas. Debit air di dua sungai itu cukup tinggi karena hujan deras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com