Cerita Megawati soal Keluarganya yang Nantikan Ada Patung Soekarno di Akmil

Kompas.com - 07/02/2020, 16:30 WIB
Ketua DPR Puan Maharani mendampingi mantan Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dalam peresmian Patung Bung Karno di kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020). KOMPAS.com/HaryantipuspasariKetua DPR Puan Maharani mendampingi mantan Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dalam peresmian Patung Bung Karno di kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).

MAGELANG, KOMPAS.com - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Presiden pertama RI Soekarno di Mainhall Kompleks Akademi Militer ( Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020). 

Megawati didampingi putrinya, yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sebelum itu, mereka dan semua tamu undangan menyaksikan sosiodrama sejarah berdirinya Akademi Militer Nasional (AMN) menjadi Akmil.

Baca juga: Ditemani Prabowo dan Puan, Megawati Resmikan Patung Bung Karno

Menurut Megawati, patung Soekarno adalah hal yang paling dinantikan keluarga besar karena kerap ditanyakan oleh anak cucu Soekarno.

Terlebih lagi, Soekarno adalah pendiri AMN sebelum kemudian berganti menjadi Akmil.

"Tidak terasa akhirnya waktu yang begitu lama ditunggu oleh keluarga. Bung Karno sudah punya anak, cucu, sering kali menanyakan, 'Kakek itu dulu mendirikan Akademi Militer'. Tentu saya ditanya, 'Ada enggak patungnya?' Tidak ada," tutur Megawati.

Baca juga: Cerita Ridwan Kamil 3 Jam Lukis Gambar Banteng untuk Megawati

Megawati mengemukakan, generasi saat ini hampir melupakan sejarah. Padahal, sejarah amat penting dan menunjukkan jati diri bangsa.

"Jadi sebenarnya, kita sebagai bangsa, menurut saya, sudah hampir melupakan sejarah, padahal kita tahu bahwa sejarah ini, pun di dunia, sangat penting untuk menunjukkan yang namanya kita sebagai warga bangsa," katanya. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X