Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Warga Natuna Tak Kenakan Masker, PMI Bagikan 20.000 Masker

Kompas.com - 07/02/2020, 08:12 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NATUNA, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) ikut mendukung misi kemanusiaan terhadap 285 orang yang dikarantina yang terdiri dari 238 WNI, lima orang tim Kemenlu, 18 orang kru Batik Air dan 24 orang tim penjemput.

Hal ini dilakukan dengan dilakukannya pemberian masker secara gratis yang telah dikirim oleh PMI Pusat sebanyak 20.000 lembar.

Ketua PMI Kabupaten Natuna yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan masker ini tiba kemarin dan langsung diedarkan ke lingkungan masyarakat.

"Kemarin telah tiba masker sebanyak 20.000 dan langsung kami salurkan ke masyarakat Natuna sebagai antisipasi dan menjaga kesehatan masyarakat," kata Ngesti, Kamis (6/2/2020) petang kemarin.

Baca juga: Mahfud MD: Natuna Sehat, Banyak Warga yang Tidak Kenakan Masker

Distribusi masker sempat terhambat

Ngesti juga menyampaikan bahwa setelah mendapat kepastian WNI diterbangkan ke Natuna, PMI Natuna meminta PMI pusat agar dapat mendistribusikan masker ke Natuna.

Karena hari Minggu tidak ada penerbangan ke Natuna maka pengiriman dilaksanakan hari Senin dengan menggunakan pesawat Sriwijaya namun tertahan di Batam dan harus dikirim memakai penerbangan hari berikutnya.

"Alhamdulillah seluruh masyarakat Natuna sudah mebgenakan masker," jelasnya.

Sementara itu Kepala Markas PMI Natuna, Dede Muhammad Ramli mengatakan tidak saja sebatas pembagian masker, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat Natuna yang lokasinya tempat tinggalnya memang dekat dengan lokasi karantina.

Baca juga: Di Bontang, Masker N95 Langka dan Harganya Rp 1,5 Juta per Boks

Pemeriksaan kesehatan warga

Seperti di Desa Kota Tua Penagi dan Ranai yang dipusatkan di pantai Piwang.

"Pemeriksaan ini dilakukan langsung PMI dari Pusat dan diampungi PMI Kabupaten Natuna aerta PMI Prov. Kepri," jelasnya.

Ditanyai mengenai masih banyak masyarakat Natuna yang enggan mengenakan masker, Ngesti mengaku hal itu mungkin masyarakat Natuna merasa Natuna telah aman.

Meski sebelumnya masyarakat melakukan penolakan, namun perlahan masyarakat Natuna mulai paham dan menyadari bahwa 285 yang menjalankan proses karantina dalam kondisi yang sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com