Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga yang Baru Pulang dari Malaysia dan Diisolasi di RSUD Soedarso Pontianak Negatif Virus Corona

Kompas.com - 06/02/2020, 11:15 WIB
Hendra Cipta,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harrison mengatakan, dari hasil pemeriksaan, seorang pasien yang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso negatif virus corona.

Pasien itu baru pulang dari Malaysia dan sebelumnya menderita pneumonia ringan. 

"Kami terima laporan uji laboratorium sampel spesimen tenggorokannya subuh tadi, Kamis (6/2/2020), dari Kementerian Kesehatan. Dan, hasilnya negatif," kata Harrison kepada sejumlah wartawan, Kamis pagi.

Baca juga: RSUD Soedarso Pontianak Isolasi Pasien Pneumonia yang Baru Pulang dari Malaysia

Menurut Harrison, untuk memastikan status medis warga tersebut, mereka harus mengirim dua kali spesimen sampel tenggorokan untuk diperiksa menggunakan reagen.

"Kepada seluruh masyarakat Kalbar diharap tidak panik, namun tetap waspada," ujar Harrison.

Diberitakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soedarso, Kalimantan Barat, merawat seorang pasien yang terindikasi menderita pneumonia ringan.

Karena pasien perempuan ini pernah ke Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa hari lalu, perawatannya berlangsung di ruang isolasi.

Sebagai informasi, Malaysia merupakan salah satu negara yang sudah mengonfirmasi sedang merawat pasien positif terjangkit virus corona.

"Karena memang kita takut, apalagi dari luar negeri (Kuala Lumpur, Malaysia), kemudian ada batuk pilek, dan pneumonia ringan, maka dia rawat dia di ruang isolasi Soedarso," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson, kepada sejumlah wartawan, Senin (3/2/2020).

Baca juga: Pasien Pneumonia Diisolasi di RS Soedarso Pontianak, Dinkes Tunggu Hasil Uji Lab

Pasien ini masuk rumah sakit, Minggu (2/2/2020).

Dia diketahui berada di Kuala Lumpur Malaysia sejak 23 Januari dan kembali ke Pontianak, pada 31 Januari menggunakan bus, lewat Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Awalnya dirawat di Rumah Sakit Mitra Medima, tapi dirujuk di Soedarso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com