Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung Demokrat, Gibran: Saya Terima Dukungan dari Mana Pun

Kompas.com - 06/02/2020, 06:19 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Mendapat dukungan dari Partai Demokrat kepada dirinya untuk maju Pilkada 2020, Gibran Rakabuming Raka mengaku berterima kasih.

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut juga menjelaskan akan menyambut baik semua dukungan dari pihak mana pun.

"Saya menyambut baik semua dukungan partai, dari simpul relawan, warga, dan siapa pun itu," ungkap Gibran.

Baca juga: Direstui SBY, Demokrat Dukung Gibran di Pilkada Solo Tanpa Syarat

Seperti diketahui, Ketua DPC Partai Demokrat Surakarta Supriyanto mengatakan, dukungan kepada Gibran untuk maju Pilkada 2020 sudah sesuai restu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut Supriyanto, dukungan tersebut telah diungkapkan SBY enam bulan lalu melalui pesan singkat ke DPD Partai Demokrat Jawa Tengah.

"Kami mendukung tanpa syarat. Dalam konteks kami ingin sebuah pemerintah yang fresh," ucap Supriyanto kepada Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/2/2020).

Sementara itu, Supriyanto menjelaskan, alasan Partai Demokrat Surakarta mendukung Gibran adalah karena sosok muda sehingga program yang nantinya dibuat bisa cepat berjalan dan tepat sasaran.

Menunggu rekomendasi DPP PDI-P

Gibran Rakabuming Raka duduk bersama bakal calon wakil wali kota Solo Razali Ismail Ubit sebelum mengikuti fit and proper test di Panti Marhaen Semarang, Sabtu (21/12/2019)KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Gibran Rakabuming Raka duduk bersama bakal calon wakil wali kota Solo Razali Ismail Ubit sebelum mengikuti fit and proper test di Panti Marhaen Semarang, Sabtu (21/12/2019)

Dilansir dari Antara, Gibran mengaku akan ikhlas apabila dirinya tidak mendapat rekomendasi dari DPP PDI-P untuk maju dalam Pilkada. 

"Nunggu saja dulu, nunggu rekomendasi. Mau jatuh ke siapa pun saya ikhlas, tidak ke saya pun juga saya ikhlas," ujarnya, Selasa (4/2/2020).

Gibran menambahkan, instruksi yang datang dari DPP PDI-P adalah mendukung siapa pun calon yang memperoleh rekomendasi.

Seperti diketahui, Gibran tengah menunggu keluarnya rekomendasi dari Ketua Umum PDI-P untuk bisa maju sebagai salah satu peserta pada Pilkada Surakarta 2020.

Di sisi lain, Ketua DPC PDI-P Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, sekaligus Wali Kota Solo, telah mengusung calon lain, yaitu Achmad Purnomo-Teguh Prakoso. (David Oliver Purba)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com