Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Virus Corona, Bawang Putih di Jateng Mulai Langka dan Harganya Meroket

Kompas.com - 05/02/2020, 18:48 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG.KOMPAS.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah mengakui ketersediaan bawang putih di Jawa Tengah telah merosot drastis.

Hal ini mengakibatkan, bawang putih di beberapa wilayah di Jawa Tengah harganya melambung tinggi.

Kepala Disperindag Jateng, Arief Sambodo mengatakan selama ini pasokan bawang putih di beberapa wilayah di Jateng hanya mengandalkan impor bawang putih dari China.

Baca juga: Impor Bawang Putih Terganggu Akibat Virus Corona, Harganya Terus Melonjak

Namun, sejak mewabahnya virus Corona yang menyebar di China telah mempengaruhi pasokan bawang putih yang diimpor dari negara tersebut. 

"Sekitar 95 persen bawang putih impor langsung dari China. Sementara ini terganggu virus corona. Kita harap ada opsi kebijakan lain. Kalau ada kebijakan impor bawang putih tolong dicarikan dari negara lainnya," kata Arief saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

Saat ini harga bawang putih di pasaran Jawa Tengah sudah mencapai Rp 50.000 per kilogramnya. Padahal, dalam keadaan normal dijual dengan harga Rp 35.000.

Kendati demikian, Arief tengah berupaya mencari solusi untuk mengatasi harga bawang putih yang melambung tinggi di pasaran. 

Salah satunya dengan mencari sumber pasokan bawang putih lokal di sejumlah daerah seperti di Parakan Temanggung dan Bumijiwa Tegal.

"Kita mengakui keterbatasan daerah produksi bawang putih. Hanya terbatas di Temanggung. Di Bumijiwa juga ada, tapi tidak terlalu banyak," katanya.

Baca juga: Mentan Pastikan Pasokan Bawang Putih Aman, Meski Impor Dari China Dihentikan

Arief mengungkapkan tanaman bawang putih hanya bisa tumbuh di daerah pegunungan sub tropis dengan suhu tertentu. 

"Makanya sekarang kalau mau OP (Operasi Pasar) itu susah sekali. Kondisi sekarang dengan adanya imbas virus Corona, kita dapat informasi kalau ada penundaan impor bawang putih," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com