Akankah Tersangka Penghinaan terhadap Risma Dapat Keringan Hukuman Setelah Diberi Maaf?

Kompas.com - 05/02/2020, 17:34 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini KOMPAS.COM/GHINAN SALMANWali Kota Surabaya Tri Rismaharini

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah memaafkan pemilik akun Facebook Zikria Dzatil yang diduga menghina dirinya.

Dengan pemberian maaf tersebut, belum diketahui apakah pelaku penghinaan yang kini ditetapkan sebagai tersangka akan mendapat keringanan hukuman pidana.

Kepala Polrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada.

Baca juga: Risma Heran Dibilang Jelek dan Tak Layak Pimpin Jakarta oleh Netizen

"Iya, (keringanan hukuman) akan kami kaji. Kami proses nanti, itu tugasnya Pak Sudamiran (Kasatreskrim)," kata Sandi, di rumah dinas wali kota Surabaya, Rabu (5/2/2020).

Pada kesempatan itu, Sandi mengingatkan agar kasus tersebut bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak.

Menurut dia, unggahan warganet di media sosial selalu bisa dijangkau.

Karena itu, unggahan apapun yang dibagikan di media sosial wajib untuk dipertanggungjawabkan oleh si pemilik akun media sosial.

"Maka dari itu, pandai-pandailah untuk menyaring (konten yang diunggah) sebelum men-share. Jangan mudah terprovokasi dengan isu yang belum jelas kebenarannya," ujar Sandi.

Dengan tahapan yang telah dilakukan, Polrestabes Surabaya, kata Sandi, akan segera menindaklanjuti kasus penghinaan terhadap Risma yang diduga dilakukan pemilik akun Facebook bernama Zikria Dzatil.

Sebelumnya, alasan Risma melaporkan Zikria Dzatil lantaran pemilik akun Facebook itu telah menghina Risma secara pribadi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X