Jateng Bagian Selatan Masuki Puncak Musim Penghujan, Warga di Daerah Rawan Bencana Diminta Waspada

Kompas.com - 05/02/2020, 11:16 WIB
Ilustrasi hujan di daerah tropis. SHUTTERSTOCKIlustrasi hujan di daerah tropis.

KOMPAS.com - Wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan pegunungan tengah telah mulai memasuki puncak musim hujan 

"Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, puncak musim hujan di sebagian wilayah Jateng, khususnya bagian selatan dan pegunungan tengah, diperkirakan berlangsung bulan Februari sampai Maret 2020," kata analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan di Cilacap, Rabu (5/2/2020).

Baca juga: Hujan Deras 3 Jam, Beberapa Desa di Gresik Selatan Sempat Kebanjiran

BMKG mengimbau warga yang bermukim di daerah rawan longsor dan banjir mewaspadai kemungkinan terjadi bencana selama puncak musim hujan.

Rendi mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca bulan Februari, curah hujan diperkirakan sangat tinggi, lebih dari 500 milimeter.

Curah hujan dengan intensitas tersebut diperkirakan terjadi di sebagian kecil wilayah Banyumas bagian utara khususnya sekitar Gunung Slamet, Purbalingga bagian utara, Brebes bagian tenggara, Tegal bagian selatan, dan Pemalang bagian selatan.

Wilayah lain yaitu Pekalongan bagian selatan, Batang, sebagian kecil Banjarnegara sebelah barat laut, sebagian kecil Wonosobo sebelah selatan, dan sebagian kecil Purworejo.

Sementara di sebagian kecil wilayah Cilacap sebelah timur laut yang berbatasan dengan Brebes, Brebes bagian selatan, sebagian wilayah utara Banyumas, sebagian wilayah utara Purbalingga, sebagian wilayah Banjarnegara terutama utara-timur, sebagian besar wilayah Wonosobo, Purworejo bagian utara, dan sebagian kecil wilayah Kebumen bagian timur laut curah hujan diperkirakan tinggi, berkisar 401 sampai 500 milimeter.

Baca juga: BMKG: Sebagian Besar Wilayah Jabodetabek Berawan dan Hujan Ringan

Curah hujan di wilayah pesisir selatan Cilacap hingga Cilacap bagian timur diprediksi berkisar 201-300 milimeter, termasuk kategori menengah.

"Namun, kami mengimbau warga pesisir selatan Cilacap untuk tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya peningkatan intensitas hujan pada bulan Februari," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X