Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar SMA di Natuna Diberi Penyuluhan soal Virus Corona dan Pendampingan dari Trauma

Kompas.com - 04/02/2020, 21:36 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NATUNA, KOMPAS.com - Tim Psikologi Biro SDM Polda Kepri dan Tim Kesehatan Biddokkes Polda Kepri memberikan penyuluhan kesehatan dan Psikologi kepada pelajar yang ada di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Kegiatan ini pertama kalinya dilakukan kepada seluruh siswa siswi SMA Negeri 1 Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Selasa (4/2/2020).

Bahkan penyuluhan tersebut tentang keberadaan, penyebab hingga penyebaran virus corona itu sendiri.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kabag Sumda Polres Natuna Kompol Zuljufri mengatakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan penguatan psikologi tentang virus corona dan pemahaman tentang apa itu virus corona yang sedang viral dan heboh di dunia.

Baca juga: Bupati Minta Pemerintah Bangun Rumah Sakit dengan Fasilitas Lengkap di Natuna

"Melalui siswa siswi ini kami harapkan pemahaman terhadap virus mematikan ini bisa disosialisasikan ke masyarakat luas, paling tidak kepada orangtua, kakak atau adik serta keluarga siswa siswi tersebut," kata Zuljufri.

Dan, lanjutnya paling tidak apa yang ditakutkan masyarakat Natuna terhadap virus mematikan ini perlahan bisa berangsur berkurang.

Lebih jauh Zuljufri mengatakan pihaknya juga memberikan pemahaman secara detail terhadap virus tersebut, bahkan ketahanan virus itu sendiri.

"Mungkin selama ini ketakutan masyarakat Natuna akan virus corona ini murni karena ketidak tahuan mereka terhadap virus ini, makanya dengan pemahaman yang kami berikan hari ini setidaknya dapat menjadikan ilmu bagi siswa siswi SMA Negeri 1 dan pemahaman untuk masyarakat Natuna secara umumnya," jelasnya.

Baca juga: Bupati Natuna Sebut Lokasi Karantina WNI Dekat dengan Sekolah

Tidak itu saja, tim juga mengajak para siswa saat sesampainya nanti di rumah dapat menjadi orang pertama dikeluarga dalam menyampaikan pengetahuan tentang virus corona agar tidak takut yang berlebihan dan harus selalu waspada untuk mem-protect diri sendiri.

"Hal terpenting lainnya agar kondisi tubuh tetap prima dengan berolah raga dan menjaga kebersihan tangan untuk menghindari bakteri serta virus yang dapat menimbulkan penyakit," pungkas Zuljufri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com