Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembicaraan Terakhir Gus Sholah dengan Putranya, soal NU hingga Film

Kompas.com - 04/02/2020, 11:43 WIB
Achmad Faizal,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebelum meninggal dunia, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah disebut sempat mengungkapkan harapannya kepada Nahdatul Ulama (NU).

Adapun, NU merupakan organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia yang didirikan KH Hasyim Asy'ari, kakek Gus Sholah.

Harapan itu diungkap Irfan Asy'ari Sudirman Wahid, putra sulung Gus Sholah, saat mengantar jenazah Gus Sholah sampai di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Senin (3/2/2020).

Baca juga: Mengenang Gus Sholah, Cendekiawan Muslim Pejuang Kemanusiaan...

Irfan atau yang akrab disapa Ipang Wahid mengatakan, harapan itu diungkapkan Gus Sholah saat menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta, selama 2 pekan terakhir.

"Tahun ini kan NU akan menggelar Muktamar, Beliau (Gus Sholah) ingin NU menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat bagi warganya baik dari sisi sosial maupun kesejahteraan," kata Ipang.

Topik bagaimana pengembangan NU ke depan adalah salah satu topik yang menjadi pembicaraan Gus Sholah di sela-sela perawatannya di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta.

"Topik NU ke depan menjadi salah satu topik yang banyak dibicarakan Beliau, selain persoalan kebangsaan lainnya," kata Ipang Wahid.

Baca juga: Selamat Jalan Gus Sholah...

Menurut Ipang, Gus Sholah berbicara tentang masa depan pengelolaan Pesantren Tebuireng yang memiliki banyak cabang di berbagai daerah.

Selain itu, Gus Sholah juga berbicara tentang rencana pembuatan film yang bekerja sama dengan Ormas Muhammadiyah.

Ipang Wahid bersama keluarga besar mengantar jenazah Gus Sholah yang diterbangkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma ke Bandara Internasional Juanda Surabaya, pada Senin siang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com