Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Mahasiswa Aceh di Wuhan Sudah Diterbangkan ke Natuna

Kompas.com - 02/02/2020, 13:26 WIB
Masriadi ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sosial, Provinsi Aceh, Al Hudri, menyebutkan sebanyak 13 mahasiswa Aceh yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, sudah tiba di Batam dan seterusnya akan diterbangkan ke Natuna untuk proses pemulihan.

Mereka tergabung dalam pemulangan warga Indonesia yang berada di Wuhan dengan Maskapai Batik Air.

“Seluruhnya ke 13 orang itu sudah tiba di Batam. Pemerintah pusat menetapkan seterusnya akan dibawa ke Natuna untuk isolasi dan pemeriksaan kesehatan selama dua pekan,” kata Al Hudri, dihubungi, Minggu (2/2/2020).

Baca juga: Dipulangkan dari Wuhan, 13 Mahasiswa Aceh Akan Dikarantina di Jakarta

Dia menyebutkan, dengan pemulangan itu, maka sudah tidak ada lagi warga asal Aceh yang berada di Wuhan.

“Di provinsi lainnnya di China masih ada. Namun yang di Wuhan itu sudah semuanya kembali ke tanah air. Saya bersyukur dan apresiasi atas kerja sama lintas sektor dan pemerintah pusat,” katanya.

Dia menyebutkan, hingga hari ini belum ada instruksi dari Kementerian Luar Negeri RI untuk mekanisme pemulangan mahasiswa asal Aceh dari Natuna ke Aceh.

“Kita tunggu instruksi dari Kemenlu. Kalau nanti Kemenlu bilang diminta kita jemput ke Natuna, maka kita akan jemput mahasiswa kita itu untuk pulang ke Aceh. Tentu setelah semua melewati pemeriksaan kesehatan di Natuna,” sebut Al Hudri.

Dia mengimbau orangtua mahasiswa asal Aceh agar tetap sabar dan tenang menunggu proses pemulihan yang dilakukan pemerintah pusat.

“Nanti kalau sudah ada langkah berikutnya akan kami kabari,” pungkasnya.

Baca juga: Tiba dari China, 5 Mahasiswa Aceh Lakukan Pemeriksaan di RSU Zainal Abidin

Sebelumnya diberitakan, 13 mahasiswa asal Aceh di Wuhan, China, terkurung di asrama dan tidak diperbolehkan keluar oleh otoritas China menyusul merebaknya virus corona di negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com