Jurnalis Mongabay yang Ditahan Imigrasi Sudah Bebas dan Kembali ke Amerika Serikat

Kompas.com - 01/02/2020, 04:39 WIB
Philip Jacobson (tengah) di bandara sebelum kembali ke Amerika Serikat. Philip Jacobson (tengah) di bandara sebelum kembali ke Amerika Serikat.

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Kantor Imigrasi Palangkaraya, Kalimantan Tengah, membebaskan, Philip Jacobson, jurnalis Mongabay asal Amerika Serikat yang ditahan karena dugaan penyalahgunaan izin tinggal.

Jacobson kini sudah kembali ke negara asalnya setelah penyidikan masalah keimigrasiannya dihentikan.

Pengacara Jacobson dari Lembaga Bantuan Hukum Palangkaraya, Aryo Nugroho, mengatakan kliennya tidak lagi menyandang status tersangka mulai Kamis (30/1/2020) sore.

"Pada 31 Januari pagi Philip bisa kembali ke negara asalnya Amerika Serikat setelah hampir kurang lebih 45 hari sejak tanggal 17 Desember 2019 di mana paspor dan visanya ditahan oleh pihak Imigrasi," kata Aryo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/2/2020).

Baca juga: Jurnalis Mongabay Ditahan meski Masuk Indonesia dengan Visa Bisnis, Ini Penjelasan Imigrasi

Menurut Aryo, Jacobson memang sudah selayaknya dibebaskan. Pasalnya, selama berada di Indonesia, editor Mongabay itu tidak melakukan kejahatan.

Philip Jacobson ditahan Kantor Imigrasi Palangkaraya pada 21 Januari 2020. Dia dituding menyalahgunakan izin tinggalnya di Indonesia.

Kepala Seksi Penindakan Imigrasi Kelas I Palangkaraya Sukran mengatakan, penyalahgunaan visa yang dilakukan dilakukan Jacobson adalah melakukan peliputan.

"Selama ini sudah ada peringatan dalam visa tidak boleh bekerja malah melakukan peliputan selama di Palangkaraya," kata Sukran, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Menurut Mahfud MD, Jurnalis Mongabay asal AS Akan Segera Dideportasi

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X