Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangani Banjir Bandang di Bondowoso, Khofifah Minta OPD Gerak Cepat

Kompas.com - 30/01/2020, 18:27 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Banjir bandang yang terjadi di dua desa di Kecamatan Ijen, Bondowoso, menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Menyikapi kondisi itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung mengunjungi lokasi banjir.

Khofifah mengatakan, organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Jatim sudah dikerahkan untuk bertindak cepat dalam melakukan penanganan pasca musibah tersebut. Bahkan, mereka disiagakan selama 24 jam.

“Saya koordinasi langsung dengan Bupati Bondowoso. Saya juga meminta kepada BPBD dan OPD terkait langsung turun gerak cepat, sambil koordinasi dengan OPD kabupaten Bondowoso,” kata Khofifah dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Baca juga: 79 Hewan Ternak Mati akibat Banjir Bandang Bondowoso

Dari data yang dihimpun BPBD Jatim, jumlah korban terdampak banjir yang membawa material lumpur itu tercatat 2.028 jiwa di Desa Kalisat. Kemudian, di Desa Sempol tercatat 1.996 jiwa.

Adapun rumah rusak mencapai 214 unit. Terdiri 80 rumah warga di Desa Sempol dan sekitar 134 rumah rumah warga di Desa Kalisat.

Karena itu, warga terdampak memilih untuk mengungsi ke tempat keluarga atau rumah penduduk lain yang dianggap aman. Karena takut ada banjir susulan.

“Warga terdampak mengungsi di rumah tetangga atau saudara yang lebih aman. Berbagai elemen instansi pemerintah, TNI, Polri dan relawan bergotong royong membersihkan lingkungan yang terdampak banjir bandang,” kata Khofifah.

Baca juga: Hujan Deras Sebabkan Banjir Lumpur di Kecamatan Ijen, Bondowoso

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Bondowoso Cendy Herdiawan mengatakan, akibat musibah banjir bandang tersebut menyebabkan 823 ekor ternak terdampak dan 79 ekor lainnya mati terseret arus.

“Ada 823 ekor yang terdampak, rinciannya kambing 800 ekor dan 23 ekor sapi,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Bondowoso Cendy Herdiawan.

Penulis : Kontributor Jember, Bagus Supriadi | Editor : Abba Gabrillin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com