Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Serangan Ular Piton di Muna, Telan Anak Sapi hingga Wanita di Kebun

Kompas.com - 30/01/2020, 17:52 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Ular piton sepanjang 8 meter memangsa anak sapi akhirnya mati dipenggal oleh warga Desa Labunti, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

Berdasar keterangan warga, ular sempat melawan sebelum akhirnya berhasil dijerat dengan tali nilon. Saat itu, ular ditemukan sedang berada di antara batang-batang pohon tumbang. 

“Ular itu sempat melawan, tapi kita langsung potong kepalanya, langsung mati itu ular itu,” ujar Alwi, salah satu warga desa, Rabu (29/1/2020).

Baca juga: Warga Penggal Kepala Ular Piton Sepanjang 8 Meter Usai Telan Anak Sapi

Setelah mati, warga segera membelah perut ular dan menemukan bangkai seekor anak sapi yang diduga milik salah satu warga.

“Kita belah itu ular dan kita temukan di dalamnya ada anak sapi,” ujar Alwi.

Sementara itu, Alwi menceritakan, kejadian iparnya pergi ke kebun untuk mencari sapinya.

“Ipar saya naik ke kebun cari sapinya, dan ditemukan ular itu. Dia pulang panggil saya dan saya bersama warga naik ke kebun kita tangkap itu ular," kata Alwi.

Ular piton yang memiliki nama latin Malayophyton reticulatus di Sulawesi, memang terkenal memiliki ukuran besar

Hal itu diungkapkan seorang Ilmuwan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy.

Ular seukuran tersebut sudah jarang ditemui di daerah lain di Indonesia, antara lain Sumatera dan Kalimantan. 

"Di daerah Kalimantan dan Sumatera sudah jarang ditemukan ular ukuran sebesar itu," kata Amir melalui pesan singkatnya kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Ular piton telan seorang perempuan hidup-hidup

Sejumlah warga membelah ular piton untuk mengeluarkan seorang perempuan paruh baya yang dimangsa ular di Desa Persiapan Lawela, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.dok. Polres Muna Sejumlah warga membelah ular piton untuk mengeluarkan seorang perempuan paruh baya yang dimangsa ular di Desa Persiapan Lawela, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Dari hasil penelusuran Kompas.com, setahun lalu di Kabupaten Muna, seekor ular piton memangsa seorang perempuan bernama Wa Tiba (54) hidup-hidup.

Perempuan warga Desa Persiapan Lawela, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, tersebut ditemukan tak bernyawa dengan kondisi masih mengenakan baju lengkap di dalam perut ular.

Dari keterangan warga, Wa saat itu tengah berada di kebunnya, kurang lebih satu kilometer dari rumahnya. Diduga, saat itulah Wa dimangsak ular piton sepanjang 7 meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com