Gubernur Jatim ke Lokasi Banjir Bandang Bondowoso, Minta Tim Siaga 24 Jam

Kompas.com - 30/01/2020, 17:14 WIB
Gubernur  Jawa Timur Khofidah Indar Parawansa saat mengunjungi lokasi terdampak banjir bandang di Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso KOMPAS.com/Dokumentasi humas Pemprov Jawa Timur Gubernur Jawa Timur Khofidah Indar Parawansa saat mengunjungi lokasi terdampak banjir bandang di Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendatangi lokasi banjir di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (30/1/2020).

Dia datang bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Sosial, Biro Umum, Kepala Dinas Kesehatan serta Kepala Dinas Sumber Daya Air.

Khofifah meminta organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Jatim untuk gerak cepat dan responsif menangani banjir bandang di Bondowoso.

“Saya koordinasi langsung dengan Bupati Bondowoso. Saya juga meminta kepada BPBD dan OPD terkait langsung turun gerak cepat, sambil koordinasi dengan OPD kabupaten Bondowoso,” kata Khofifah dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Rumah Rusak Karena Banjir Lumpur Bondowoso Bertambah Jadi 214

Khofifah meminta segenap OPD menyiagakan tim selama 24 jam penuh.

Hingga saat ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bondowoso, Polsek, Dinkes Bondowoso, Koramil dan sejumlah tim telah melakukan pendataan, evakuasi dan penanganan darurat.

BPBD Jatim mencatat, jumlah korban terdampak banjir tersebut sebanyak 2.028 jiwa di Desa Kalisat.

Kemudian, di Desa Sempol 1.996 jiwa.

Baca juga: 79 Hewan Ternak Mati akibat Banjir Bandang Bondowoso

Masyarakat yang terdampak telah dievakusi ke lokasi yang aman, yakni di rumah-rumah penduduk yang tidak terjangkau banjir bandang.

“Warga terdampak mengungsi di rumah tetangga atau saudara yang lebih aman. Berbagai elemen instansi pemerintah, TNI, Polri dan relawan bergotong royong membersihkan lingkungan yang terdampak banjir bandang,” kata Khofifah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X