Ketua DPD Gerindra Kaltim Nilai Didiskreditkan PDI-P dalam Pilkada Samarinda

Kompas.com - 30/01/2020, 15:33 WIB
Ketua DPD Partai Gerindra Kalimantan Timur Andi Harun saat diwawancarai awak media di Kantor DPRD Samarinda, Kamis (30/1/2020). KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATONKetua DPD Partai Gerindra Kalimantan Timur Andi Harun saat diwawancarai awak media di Kantor DPRD Samarinda, Kamis (30/1/2020).

SAMARINDA, KOMPAS.com - Ketua DPD Partai Gerindra Kalimantan Timur, Andi Harun menilai pernyataan Ketua DPC PDI-P Samarinda Siswadi mendiskreditkan dirinya sebagai bakal calon wali kota Samarinda.

Sebelumnya, Siswadi menyoal Andi Harun memilih Rusmadi Wongso berpasangan dalam Pilkada Samarinda 2020.

Keputusan tersebut dianggap mendahului keputusan PDI-P.

Baca juga: PDI-P Pastikan Tak Akan Usung Ketua DPD Gerindra di Pilkada Samarinda 2020

 

Diketahui Andi Harun sebagai salah satu pendaftar calon wali kota melalui PDI-P.

Karena itu, kata Siswadi pihaknya tak akan merekomendasikan pasangan ini untuk didukung pada Pilkada Samarinda.

Andi Harun membantah ada aturan saat pendaftaran di PDI-P, baik lisan maupun tertulis bahwa partai yang memiliki otoritas penentu pasangan saat dirinya mendaftar ke PDI-P.

"Artinya tidak ada yang dilanggar dalam hal ini," ujar Andi, saat dihubungi, Kamis (30/1/2020). 

Justru, Andi merasa janggal saat PDI-P belum memutuskan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung, tapi sudah membuat pernyataan terbuka yang menghambat langkah dirinya bersama Rusmadi.

Seharusnya, kata Wakil Ketua DPRD Kaltim ini, hal tersebut tak etis disampaikan PDI-P karena proses diinternal sedang bergulir.

"Kami mendaftar ke PDI-P berusaha memenuhi secara prosedural dan penuh etik kepada PDI-P. Karena itu etika politik yang baik dalam alam demokrasi perlu dijaga. Kami telah menjaga itikad baik dan rasa hormat kepada PDI-P," jelasnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X