KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Jelang Pilwalkot Semarang, Gerindra dan PKS Merapat ke Koalisi PDIP

Kompas.com - 30/01/2020, 09:01 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa partai politik telah membangun koalisi menjelang Pemilihan Wali Kota (pilwalkot) Semarang tahun 2020.

Partai Nasdem dan Golkar menjadi pihak yang telah menyatakan sikap untuk berkoalisi dengan PDIP menghadapi Pilwalkot 2020 mendatang.

Sementara itu, Gerindra Kota Semarang telah menyatakan ada kesepahaman dengan PDIP Kota Semarang dalam menyongsong Pilwalkot.

Baca juga: Pilwalkot Semarang, Golkar dan Nasdem Merapat ke PDI-P Dukung Petahana

Pernyataan itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Semarang Joko Santoso dalam sebuah kesempatan, meski secara non-formal.

Tak hanya Gerindra. Kini, giliran PKS yang mulai membuka silaturahim untuk bersinergi dengan PDIP.

Silaturahim dengan PDIP

Silaturahim dilakukan dengan pertemuan antara pengurus PDIP Kota Semarang dan pihak PKS. Pihak PDIP diwakili Ketua DPC Hendrar Prihadi, Wakil Ketua Fajar Rinawan, dan Sekretaris Kadar Lusman dengan pihak PKS Kota Semarang.

Sementara itu, pihak PKS diwakili Ketua DPC PKS Kota Semarang Suharsono bersama sejumlah jajaran anggota fraksinya di DPRD Semarang.

"Kami dalam rangka silaturahim, menjaga hubungan baik antara PKS dengan PDIP di parlemen, juga membicarakan kemungkinan koalisi jelang Pilkada Kota Semarang 2020,” kata Suharsono dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Pemkot Semarang Targetkan Seluruh Bidang Tanah Bersertifikat pada 2021

Ia melanjutkan, meski selama ini berhubungan baik, PKS tetap memiliki mekanisme internal karena rekomendasi berada di Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Jadi komunikasi awal ini dalam rangka sinergisitas karena selama ini sudah dibangun di parlemen, di DPRD. Jadi silaturahim ini adalah bentuk positif," ujar Suharsono.

Sebelumnya PKS Kota Semarang, imbuh dia, juga telah berkomunikasi dengan Gerindra terkait Pilwalkot di Ibu Kota Jawa Tengah 2020.

Sementara itu, Kadar Lusman mengatakan, pihaknya menghormati dan menghargai mekanisme internal PKS untuk menghadapi pilwalkot 2020.

Baca juga: Wali Kota Semarang: Kesetaraan Gender Harus Semakin Banyak Diwujudkan

“Namun, kami berterima kasih karena adanya komunikasi yang dibangun dan kesepahaman dalam membangun Kota Semarang," kata Pilus (sapaan akrab Kadar Lusman).

Ia berharap agar semangat Bergerak Bersama yang diserukan Hendrar Prihadi selama ini bisa terus dimaknai ke depannya.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com