Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Terjangkit Virus Corona, TKI dari Hongkong Masuk Ruang Isolasi

Kompas.com - 28/01/2020, 16:36 WIB
Ghinan Salman,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang baru saja tiba dari Hongkong dirawat di RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, karena diduga terinfeksi virus corona.

Pasien tersebut dilaporkan mengalami demam tinggi, gangguan pernafasan hingga infeksi tenggorokan.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Aceh Terisolasi Virus Corona Wuhan, Uang Rp 50 Juta pun Tak Cukup...

Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan mengatakan, kondisi tenaga kerja wanita yang berasal dari Lombok, NTB, itu kini masih diobservasi. Dia dirawat di ruang isolasi khusus.

"Perempuan 21 tahun ini dari Hongkong, orang Lombok. Kemarin malam, Senin (27/1/2020) masuk ke sini diantar oleh perawat dari klinik PJTKI," kata Atok di rumah sakit, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Beredar Informasi WN China di Purwokerto Terinfeksi Virus Corona, RSUD Margono: Tak Terbukti

Saat tiba di RSUD Sidoarjo, menurut Atok, pasien tersebut diketahui mengalami suhu tubuh di atas normal, yakni 38,8 derajat. Selain itu, dia juga menderita gangguan pernapasan.

Namun, kata Atok, kondisi pasien tersebut sudah berangsur membaik, suhu tubuhnya juga mulai menurun. Meski begitu, sebagai bentuk kewaspadaan, tik medis tetap menanganinya secara intensif.

"Jadi hari ini kondisinya sudah stabil, suhunya sudah 36,5 tidak ada sesak napas, batuk juga berkurang, napasnya sudah normal," tutur dia.

bBaca juga: Orangtua Mahasiswa Aceh: Pak Jokowi, Pulangkan Anak Kami dari Wuhan...

Untuk memastikan bahwa yang bersangkutan suspect corona atau tidak, pihaknya akan melakukan foto toraks. Sebab, meski kondisi pasien sudah membaik, rumah sakit tetap melakukan antisipasi.

"Selain itu, hari ini petugas lab juga akan mengambil sampel untuk dibawa ke laboratorium untuk menentukan apakah ada virus corona atau tidak," tegasnya.

"Untuk sementara waktu pasien ini kita berikan antibiotik, supaya tak ada lagi virus yg masuk, serta obat sakit tenggorokan dan penurun panas," lanjut Atok kemudian.

Baca juga: Ini 8 Langkah yang Harus Dilakukan Perawat Saat Menangani Pasien Pengidap Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com