Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Virus Corona, Penumpang Bandara Tasikmalaya Diperiksa dan Dibagi Masker

Kompas.com - 28/01/2020, 14:23 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Tasikmalaya memeriksa dan memberikan masker bagi para penumpang pesawat yang baru tiba dan akan berangkat di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya, Selasa (28/1/2020) siang.

Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona pasca ditemukannya satu warga asal Kota Tasikmalaya yang suspect virus Corona tapi hasilnya negatif.

Kepala Dinas Kota Tasikmalaya Uus Sapaat mengatakan, upaya pemeriksaan suhu tubuh dan membagikan masker untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran virus corona di Kota Tasikmalaya.

"Apalagi di bandara ini keluar masuk warga dari luar kota atau luar negeri yang masuk ke Kota Tasikmalaya," jelas Uus Sapaat di Bandara Wiriadinata, Selasa siang.

Baca juga: RSUD Tasikmalaya Isolasi 1 Pasien Suspect Virus Corona

Periksa terminal bus hinga stasiun kereta

Selain Bandara, lanjut Uus, lokasi lainnya yang akan dilakukan pemeriksaan oleh dinas adalah Terminal Bus Type A Indihiang dan Stasiun Tasikmalaya.

Soalnya, lokasi itu merupakan tempat keluar masuknya masyarakat dari dalam dan keluar Kota Tasikmalaya selama ini.

"Kepada masyarakat Kota Tasikmalaya untuk tak khawatir akan penyebaran virus ini di Kota Tasikmalaya," kata Uus. 

"Soalnya, selama ini pihaknya belum menemukan adanya warga yang terindikasi positif virus Corona. Tapi kalau suspect virus Corona ada satu orang tapi setelah diobservasi hasilnya negatif." 

Baca juga: Mencari Penyebab Siswi Pramuka Tewas di Gorong-gorong SMP Tasikmalaya

Kerja sama dengan Kantor Imigrasi Tasikmalaya

Langkah lainnya pun akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan, tambah Uus, seperti pendataan orang yang akan dan pulang ke luar negeri bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Tasikmalaya.

Pihaknya pun akan menyebarkan himbauan bagi masyarakat dan sosialisasi gejala-gejala virus Corona.

"Jadi, nanti kalau ada yang merasakan gejala-gejala itu segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat," katanya. 

"Kita akan terus awasi, obat-obatan kedaruratan khusus sudah disiapkan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Tasikmalaya," pungkasnya. 

Baca juga: Waspadai Corona, RSUD Tasikmalaya Siapkan Ruang Isolasi dan Obat Khusus

Satu warga diisolasi, suspek virus corona

Diberitakan sebelumnya, seorang warga diketahui telah diperiksa oleh tim medis di ruang Isolasi khusus RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, yang diduga supect virus Corona pada Selasa (28/1/2020) pagi.

Warga asal Kota Tasikmalaya itu mengalami gejala panas tinggi sampai menggigil seusai pulang dari perjalanannya di Taiwan selama beberapa hari.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan dan observasi terhadap satu orang warga asal Kota Tasikmalaya suspect virus Corona. Dia baru pulang dari luar negeri tepatnya di Taiwan atau China Taipei.," kata Uus. 

"Selama satu hari ditempatkan di ruang isolasi tapi hasilnya negatif." 

"Saya sekarang berani menjamin, kalau orang itu negatif virus Corona. Kalau datanya kita gak bisa open ke publik ya. Tapi, kalau ada suspect virus Corona di Kota Tasikmalaya, betul sudah ada satu orang tapi hasilnya megatif," tambah Uus. 

Baca juga: Bikin Geger, Mayat Perempuan Berseragam Pramuka di Drainase SMP Tasikmalaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com