Waspadai Corona, RSUD Tasikmalaya Siapkan Ruang Isolasi dan Obat Khusus

Kompas.com - 28/01/2020, 06:50 WIB
Ilustrasi Virus Corona Stocktrek Images/Getty ImagesIlustrasi Virus Corona

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo Kota Tasikmalaya telah menyiapkan ruangan khusus isolasi bagi penderita yang terjangkit virus corona, Senin (27/1/2020).

Langkah itu sebagai upaya antisipasi merebaknya penyebaran virus corona yang selama ini ramai diberitakan oleh media dalam dan luar negeri. Sekaligus anjuran dari Wali Kota Tasikmalaya untuk waspada dan cepat tanggap terkait antisipasi penyebaran virus tersebut.

Wakil Direktur Umum dan Pelayanan RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya Denny Diyana mengatakan, pihaknya diminta oleh wali Kota Tasikmalaya untuk segera menyiapkan ruangan khusus untuk pasien yang diduga terkena virus yang ramai diinformasikan telah menelan puluhan korban di China.

Baca juga: RSSA Kota Malang Bentuk Tim dan Ruang Isolasi Khusus Corona

Namun, sampai hari ini tidak ditemukan warga asal Tasikmalaya dan sekitarnya yang diduga terjangkit virus tersebut.

"RSUD dr Soekardjo sudah mempersiapkan satu ruangan khusus bagi penderita suspek virus corona, dan jika satu ruangan itu masih kurang akan ditambah kembali," kata Denny di kantonya, Senin siang.

"Namun, untuk sekarang masih satu ruangan terlebih dahulu karena sekarang masih berkoordinasi antara pemerintah daerah dan dinas kesehatan berkaitan dengan peralatan dan obat-obatan," jelas Denny di kantornya, Senin siang.

Ditambahkan Denny, RSUD dr Soekardjo sampai saat ini terus siaga terutama menghadapi pasien virus corona karena potensi tersebut bisa saja terjadi.

Namun, pemerintah tetap mengantisipasinya karena di Tasikmalaya terdapat bandara sebagai akses keluar masuk masyarakat lewat bandara-bandara besar di Indonesia.

"Selain ruangan khusus, kami juga sudah menyiapkan peralatan medis dan satu ruangan khusus bagi penderita corona, termasuk obat-obatan," tambahnya.

Baca juga: Cara Gubernur Edy Rahmayadi Cegah Peredaran Virus Corona

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, pihaknya menyakini RSUD dr Soekardjo telah mempersiapkan ruangan khusus dilengkapi obat-obatan yang berkaitan dengan penyakit virus tersebut.

"Bila ada yang terduga kuat terkena suspek itu dianjurkan untuk secepatnya dirujuk ke RS. Kami meminta supaya masyarakat tetap waspada atas kejadian tersebut dan warga juga harus selalu menggunakan masker," imbaunya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X