Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSBP Batam Siagakan 7 Ruangan Isolasi untuk Pasien Virus Corona

Kompas.com - 27/01/2020, 19:10 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Tidak saja Humas Rumah sakit Embung Fatimah yang menbantah informasi yang menyebutkan ada warga Batam yang saat ini diduga terpapar gejala virus Corona, virus mematikan yang telah banyak menelan korban di China ini.

Humas Rumah Sakit Badan Penguasaan (RSBP) Batam, Iman juga membantah terkait informasi tersebut. Bahkan Iman menegaskan bawah informasi itu tidak benar dan tidak perlu ditanggapi serius.

"Informasi itu tidak benar, kami pihak rumah sakit RSBP Batam sejauh ini tidak ada merawat pasien yang diduga gejala Virus Corona," kata Iman menegaskan melalui telepon, Senin (27/1/2020).

Iman mengaku bahwa saat ini hanya RSBP Batam dan RSUD Embung Fatimah yang ruang isolasinya siap dipergunakan untuk pasien yang terpapar gejala virus yang dapat menular dari manusia ke manusia.

Baca juga: Akibat Virus Corona, Penerbangan dari China ke Batam Dihentikan

Namun kembali dipastikannya sejauh ini belum ada pasien yang dirawat akibat terpapar gejala virus Corona tersebut.

Diakuinya untuk mengatasi bila mana virus tersebut masuk ke Batam, pihaknya telah menyiapkan tujuh ruangan isolasi untuk pasien yang terpapar virus tersebut.

"Tapi mudah-mudahan saja tidak masuk sampai ke Batam," ungkap Iman.

Untuk peralatan hingga pakaian, dalam memberikan perawatan terhadap pasien yang terpapar gejala virus mematikan itu RSBP telah ready.

"Ada tujuh ruangan kami siapkan beserta alat pelindung diri untuk perawat yang bertugas juga sudah disediakan, sudah siap semualah," katanya.

Baca juga: Viral Warga Batam Suspek Virus Corona, RSUD Embung Fatimah: Itu Hoaks

Iman berharap warga Batam tidak terlalu cemas, sebab selain penangan yang maksimal dilakukan disejumlah pintu masuk di Batam.

Ruang isolasi untuk merawat pasien yang terpapar juga sudah siap.

"Jadi tidak perlu terlalu kawatir, hanya saja waspada harus terus dilakukan," pungkasnya.

Sebelumnya di RSUD Embung Fatimah, sedikitnya telah menyediakan lima ruang isolasi untuk menangani pasien yang terpapar Virus mematikan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com