Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Merebak, Pabrik di Morowali Setop Mempekerjakan WN China

Kompas.com - 27/01/2020, 16:50 WIB
Erna Dwi Lidiawati,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.com - PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, berhenti sementara mempekerjakan tenaga kerja asal China.

Pekerja PT IMIP yang sedang berada di China untuk merayakan Imlek juga diminta tidak kembali hingga batas waktu belum ditentukan.

Koordinator Media Relation PT IMIP Dedi Kurniawan mengatakan, pekerja asal China boleh kembali bekerja setelah ada pengumuman resmi dari pemerintah bahwa wabah virus corona berakhir.

"Dengan adanya wabah ini, terhitung sejak 25 Januari 2020, PT IMIP menyetop menerima pekerja dari seluruh wilayah Tiongkok (China)," kata Koordinator Media Relation PT IMIP Dedi Kurniawan, dihubungi KOMPAS.com, Selasa (27/01/2020).

Baca juga: Ombudsman Minta Pemerintah Larang Masuk Sementara TKA dan Turis China

Sejak wabah virus corona merebak, Manajemen PT IMIP mengklaim ada prosedur ketat yang berlaku. Seluruh karyawan pun diwajibkan mengikuti medical check up.

"Secara internal, kami juga mengimbau karyawan untuk membiasakan bersikap hidup bersih dan sehat," kata Dedi.

PT IMIP juga menempatkan alat pengukur suhu tubuh di pabriknya.

"Dalam kawasan IMIP telah ditempatkan alat pengukur suhu tubuh sebagai langkah preventif untuk mendeteksi awal penyebaran virus tersebut. Termasuk di wilayah pelabuhan di mana terdapat balai karantina untuk melakukan pemeriksaan setiap kapal dari luar negeri," jelas Dedi.

Baca juga: Pemerintah RI Keluarkan Travel Advice ke China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com