Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Siapkan 8 Nama Hadapi Pilkada Sumbar 2020

Kompas.com - 27/01/2020, 11:18 WIB
Perdana Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Partai Gerindra menyiapkan delapan nama untuk diusung menjadi calon gubernur/wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020.

Delapan nama tersebut adalah Nasrul Abit yang merupakan kader Gerindra dan saat ini menjabat sebagai wakil gubernur Sumbar, Mulyadi (anggota DPR RI), Indra Catri (Bupati Agam), Edriana (mantan juru bicara Prabowo-Sandi).

Kemudian Shadig Pasadiqoe (mantan bupati Tanah Datar), Syamsu Rahim (mantan bupati dan wali kota Solok), Desrio Putra (anggota DPRD Sumbar) dan Reydonnyzar Moenek (birokrat).

"Ada 8 nama yang kita siapkan untuk diusung Gerindra bertarung di Pilkada Sumbar 2020. Mereka semua adalah calon-calon terbaik yang ada di Sumbar," kata Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade yang dihubungi Kompas.com, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Pilkada Sumbar 2020, Golkar Jaring 9 Nama Kepala Daerah

Andre menyebutkan, delapan nama tersebut sudah lolos tahap awal penjaringan yang dilakukan partai.

Mereka semua kecuali Mulyadi sudah melakukan penyampaian visi dan misi di hadapan panelis tim Gerindra.

"Kemarin mereka sudah menyampaikan visi dan misi, kecuali Mulyadi yang tidak datang dengan alasan ada keluarga yang sakit," kata Andre.

Andre mengatakan, setelah mendengarkan penyampaian visi dan misi, selanjutnya Gerindra akan melakukan survei internal bekerja sama dengan lembaga survei Indikator.

"Kita gunakan lembaga survei Indikator. Dari hasil survei ini kita kirim nama-nama ke DPP Gerindra untuk menentukan calon yang diusung," jelas Andre.

Baca juga: Mau Bertarung di Pilkada Sumbar, Dibutuhkan Isi Tas Minimal Rp 30 Miliar

Andre mengatakan, kendati Gerindra dapat mengusung calon sendiri di Pilkada Sumbar 2020, namun pihaknya tidak menutup diri berkoalisi dengan partai lain.

"Kita lihat dinamika politiknya nanti. Kita sebenarnya bisa mengusung calon sendiri. Ada 14 anggota DPRD Sumbar dari Gerindra dan ini sudah cukup untuk mengusung calon sendiri," ujar Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com