18 TKI Ilegal Gagal ke Malaysia Akibat Kapalnya Tenggelam, 9 Orang Masih Dicari

Kompas.com - 25/01/2020, 19:35 WIB
Kepolisian Ditpolairud Polres Bengkalis menemukan pelampung di laut yang diduga milik korban kapal tenggelam di selat malaka, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (24/1/2020). Dok. Polda RiauKepolisian Ditpolairud Polres Bengkalis menemukan pelampung di laut yang diduga milik korban kapal tenggelam di selat malaka, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (24/1/2020).

KOMPAS.com- Sebuah kapal pompong tenggelam di perairan Selat Malaka, Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (21/1/2020) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Kejadian tersebut membuka jalan bagi polisi untuk mengungkap adanya penyaluran TKI ilegal ke Malaysia.

Dari total 20 penumpang, 18 di antaranya ialah calon TKI ilegal, dua lainnya adalah tekong atau penyalur.

10 orang selamat dari peristiwa kapal tenggelam dan dipulangkan ke daerahnya masing-masing, antara lain di Sumatera Utara (Sumut), Aceh dan Jawa Tengah.

Salah satu dari 10 orang selamat adalah calon pekerja yang berasal dari Banglades, Sumon. Polisi masih berkoordinasi dengan Imigrasi Bengkalis untuk mendeportasinya.

Sementara 10 orang lainnya masih dicari keberadaannya. Mereka diduga tenggelam.

"Informasi yang kami terima, kapal membawa 20 orang penumpang TKI tujuan Malaysia. Jumlah penumpang yang selamat 10 orang, dan 10 orang lagi masih dilakukan pencarian," kata Kapten Kapal RB 218 Basarnas Pekanbaru Leni Tadika, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Kapal Tenggelam di Labuan Bajo Membawa 6 Wartawan Istana Presiden

Satu orang ditemukan, belum teridentifikasi

Tim Basarnas Pekanbaru melakuan pencarian korban kapal tenggelam di selat malaka, Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis (23/1/2020). Kapal tersebut mengangkut 20 orang TKI tujuan Malaysia.Dok. Basarnas Pekanbaru Tim Basarnas Pekanbaru melakuan pencarian korban kapal tenggelam di selat malaka, Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis (23/1/2020). Kapal tersebut mengangkut 20 orang TKI tujuan Malaysia.

Pada Rabu (22/1/2020), tim Polairud Polres Bengkalis dan Basarnas Pekanbaru melakukan pencarian namun tidak membuahkan hasil.

Pencarian kembali dilakukan pada Kamis (23/1/2020) dan membuahkan hasil.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X