Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Ma'ruf Amin: Ajaran Agama Sering Dimanipulasi untuk Kepentingan Duniawi

Kompas.com - 24/01/2020, 20:49 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan, ajaran agama sering dipahami secara keliru dan bahkan dimanipulasi untuk kepentingan duniawi.

Hal itulah yang menjadikan sumber konflik dan perpecahan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir sebagai keynote speaker dalam acara Executive Committee Meeting Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta.

Di akhir pidatonya, Ma'ruf Amin mengajak semua yang hadir untuk merenungkan tentang nilai-nilai agama.

"Saya ingin mengajak kita semua untuk sejenak merenungkan kembali tentang nilai-nilai agama-agama," ujar Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Pidato dalam Pertemuan Parpol Dunia, Ini yang Disampaikan Wapres Maruf Amin

Ma'ruf Amin menjelaskan, agama-agama diturunkan ke dunia dengan membawa ajaran universal yang intinya memberikan pencerahan agar manusia dapat mengatasi permasalahan yang dihadapinya dan hidup penuh dengan kedamaian.

"Namun karena perkembanganya ajaran agama sering dipahami secara keliru, bahkan dimanipulasi untuk kepentingan duniawi tertentu sehingga menjadikanya sumber konflik dan perpecahan," tegasnya.

Nilai-nilai luhur agama tentang harmoni, kesetaraan dan perdamaian yang telah melahirkan peradaban pada manusia masa lalu perlu digaungkan kembali.

Selain itu, nilai-nilai luhur tersebut perlu ditanamkan pada generasi muda diseluruh belahan dunia.

"Demi mewujudkan masa depan umat manusia yang lebih baik, damai, arif, sejahtera lahir dan batin," ujarnya.

Baca juga: Maruf Amin Ingin Santri yang Lahir Gus Iwan, Apa Artinya?

Melalui forum Executive Committee Meeting Centrist Democrat International (CDI), Ma'ruf Amin mengajak untuk bersama-sama mengembalikan agama pada tujuan awalnya.

"Melalui forum yang mulia ini, saya mengajak kita semua untuk ke depan secara bersama-sama mengembalikan agama ke tujuan awalnya yaitu sebagai pembawa nilai-nilai harmoni, kesetaraan dan perdamaian," ungkapnya.

Ma'ruf Amin percaya CDI adalah rekan yang tepat untuk membangun jembatan, saling pengertian, moderasi dan inklusivitas yang mendukung perdamaian dunia.

Seperti diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi tuan rumah Executive Committee Meeting Pimpinan Partai Politik (Parpol) dari seluruh dunia yang tergabung dalam Centrist Democrat International (CDI).

Pertemuan antara pimpinan partai politik, tokoh agama, akademisi, dan pembuat kebijakan dari berbagai budaya dan agama di dunia digelar di Yogyakarta 23-25 Januari 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com