Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Virus Corona, 10 Rumah Sakit di Jateng Siapkan Ruang Isolasi

Kompas.com - 24/01/2020, 16:04 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG.KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Jawa Tengah telah menunjuk sejumlah rumah sakit sebagai rujukan apabila ditemukan pasien yang diduga terinfeksi virus corona.

Ada sebanyak 10 rumah sakit yang menyediakan ruang isolasi untuk penanganan medis bagi pasien sebagai antisipasi penyebaran virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan mulai meningkatkan kewaspadaan sejak virus corona mewabah di Kota Wuhan, Cina dan sejumlah negara.

"Kewaspadaannya hampir mirip saat MERS merebak di seluruh dunia. Kita sekarang sudah menyiapkan tempat khusus bagi pasien yang positif virus corona," ungkap Yulianto kepada Kompas.com, Jumat (24/01/2020).

Baca juga: RSUD Kota Bekasi Siapkan Masker buat Para Pegawai untuk Antisipasi Virus Corona

Kesepuluh rumah sakit tersebut antara lain RSUP Dr Kariadi Semarang, RSUD Dr Moewardi Solo, RSUD Tidar Magelang, RSUD Kraton Pekalongan, RSUD Margono, RSUD Kardinah dan beberapa rumah sakit di Banyumas, Kudus, Kendal dan Klaten.

Yulianto menyatakan para pengelola rumah sakit akan langsung bergerak bila di tingkat layanan dasar ditemukan warga Jawa Tengah yang terindikasi positif virus corona.

"Di Jateng sendiri belum ada laporan yang terinfeksi virus Corona. Kita antisipasi dari tingkat layanan dasar. Puskesmas juga harus bersiaga dalam menghadapi kondisi ini," jelas Yulianto.

Baca juga: Tiga Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona Dirawat di Bali, 2 Anak-anak

Menurut Yulianto, virus corona rentan menyerang segala usia mulai dari balita hingga lansia.

"Biasanya daya tahan tubuh lemah. Gejalanya hampir mirip dengan infeksi virus pada umumnya yakni demam tinggi diatas 38 derajat celcius, sakit kepala, batuk kering, dan sesak nafas," katanya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com