Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alun-alun Cianjur yang Diresmikan Presiden Jokowi Terendam Lumpur

Kompas.com - 23/01/2020, 20:57 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Kawasan Alun-alun Cianjur, Jawa Barat, terendam air campur lumpur akibat luapan air selokan, Kamis (23/01/2020) petang.

Air dari selokan yang terletak tak jauh dari lokasi alun-alun itu menggenangi sebagian area rumput sintetis yang berada di depan masjid agung.

Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Cianjur, Endang Jumena, mengatakan, aliran selokan meluap akibat tersumbat sampah.

"Di selokan itu ada bak sampah yang melintang, sehingga saat debit air selokan tinggi karena hujan, jadinya meluap dan airnya masuk ke sini (alun-alun)," kata Endang kepada Kompas.com, Kamis (23/01/2020).

Baca juga: Viral, Video Remaja Dihukum Satpol PP Berguling-guling di Alun-alun Cianjur

Sebanyak 10 tim kebersihan Pendopo, dan dua unit armada damkar diterjunkan untuk membersihkan lumpur yang merendam sebagian area landmark Cianjur yang diresmikan Presiden Jokowi, awal Februari 2019 itu.

“Sudah tiga kali kejadian seperti ini. Pemicunya sama, dari luapan air selokan. Karena itu, kita langsung kordinasi secara lintas sektoral untuk penanggulangan ke depannya, agar tidak lagi terjadi," ujar dia.

Endang mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke saluran air.

“Apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan. Kalau selokan penuh sampah, air bisa meluap seperti ini,” ucapnya.

Soal kerugian materil, pihaknya masih menghitung. Hanya saja, jika terus terjadi seperti ini, rumput sintetis yang selama ini menjadi spot favorit pengunjung alun-alun bisa cepat rusak.

“Terlebih, di beberapa titik sudah ada yang rusak, sehingga perlu segera dilakukan perbaikan,” kata Endang.

Baca juga: Alun-alun Cianjur Jadi Primadona Baru Warga Sejak Diresmikan Presiden Jokowi

Alun-alun Cianjur sendiri saat ini sedang ditutup untuk umum, karena sedang dilakukan perbaikan dan peremajaan pohon dan tanaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com