Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kelima Pencarian, Tim SAR Tak Juga Temukan Kapal Panji Saputra

Kompas.com - 23/01/2020, 18:58 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian terhadap kapal Panji Saputra yang hilang kontak di peraiaran Maluku, Kamis (23/1/2020).

Di hari kelima pencarian, tim SAR ikut mengerahkan pesawat patroli maritim CN 235 milik TNI AL.

Selain itu, tiga kapal juga dikerahkan untuk melakukan pencarian melalui laut yakni kapal SAR Bharata, KN Abimanyu milik Polda Maluku dan kapal milik TNI.

“Pencarian juga ikut dilakukan sejumlah longboat milik warga,” kata Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, kepada Kompas.com, Kamis.

Baca juga: KSOP Ambon: Kapal Panji Saputra Tidak Miliki Persetujuan Berlayar

Di hari kelima pencarian, tim SAR ikut menyisir sejumlah peraiaran di Maluku mulai dari peraiaran Pulau Seram, Pulau Gorom, Pulau Watubela hingga Pulau Tayando, Maluku Tenggara.

“Tapi hari ini nihil juga, kami tidak menemukan keberadaan kapal itu. Pesawat TNI AL juga sudah kembali ke Sorong, Papua Barat,” ujar dia.

Sesuai rencana, Jumat besok pihaknya akan menggelar rapat bersama dengan Kodam XVI Pattimura untuk membuat keputusan apakah pencarian Kapal Panji Spautra akan kembali dilakukan atau dihentikan.

“Nanti besok akan diambil keputusan apakah dilanjutkan atau dihentikan sambil kami melakukan pemantauan,” kata dia.

Sebelumnya, dalam operasi pencarian, tim SAR sempat menemukan delapan drum avtur dan penutup dek milik Kapal Panji Saputra di peraiaran Pulau Tayando pada Senin (21/1/2020).

Baca juga: Uang hingga KTP Milik Serda Aswadin Juga Ditemukan Pencari Kapal Panji Saputra

 

Selain muatan kapal, tim SAR juga ikut menemukan sejumlah barang, pakaian dan uang milik anggota TNI, Serda Aswadirn Amin yang ikut berlayar dengan kapal tersebut.

Diberitakan sebelumnya, kapal Panji Saputra yang mengangkut 25 drum avtur bertolak dari Ambon menuju Saumlaki dan Moa, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sejak 7 januari 2020 lalu.

Sesuai jadwal kapal tersebut seharusnya sudah tiba di tempat tujuan pada 11 Januari, namun kapal tersebut tidak juga sampai di tempat tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com