Fakta Kapal Wartawan Istana Tenggelam di Labuan Bajo, Polisi Sebut Layar Belum Sempat Diturunkan

Kompas.com - 22/01/2020, 06:37 WIB
Kapal yang ditumpangi rombongan presiden tenggelam di Labuan Bajo, Selasa (21/1/2020). IstimewaKapal yang ditumpangi rombongan presiden tenggelam di Labuan Bajo, Selasa (21/1/2020).
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - Selasa (21/1/2020), Kapal Phinisi Bali milik Hotel Plataran Resort Komodo di Labuan Bajo, NTT, tenggelam sekitar pukul 12.00 WITA.

Peristiwa kapal tenggelam itu terjadi di sekitar Pulau Bidadari, pada koordinat S 08° 28 541' - E 119° 50 947' saat berlayar menuju ke Plataran Resort Labuan Bajo,

Kapal phinisi tersebut tesebut membawa wartawan Istana yang meliput kunjungan Presiden Jokowi di wilayah Labuan Bajo sejak Minggu (19/1/2020).

Baca juga: Kapal Berpenumpang Wartawan Istana Terbalik di Labuan Bajo

Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso mengatakan dari keterangan Andy Ahmad (28), kapten kapal, ada 9 orang tamu dari pers kepreidenan yang ikut di Kapal Phinisi Bali.

Kapal itu bertolak dari Dermaga Kayu Plataran Resort Labuan Bajo sekitar pukul 11.00 WITA menuju ke Bidadari, yang berjarak sekitar 0,5 mil. Para wartawan berencana untuk mengambil gambar.

Kemudian pada pukul 11.30 WITA, posisi kapal yang berada di Pulau Bidadari langsung berputar haluan menuju ke arah Labuan Bajo dan kapal terus berlayar.

Baca juga: Kronologi Karamnya Kapal Pinisi yang Ditumpangi Wartawan Istana di Labuan Bajo

Sekitar pukul 12.00 WITA, tiba-tiba angin kencang menerpa kapal. Sedangkan layar kapal yang sebelumnya digunakan untuk berlayar belum sempat diturunkan.

Saat diterpa angin kencang, kapal langsung terbalik dan terjatuh ke sebelah kiri.

Kapten kapal dan kru kapal lansung mengeluarkan life jacket dan life raf untuk para penumpang.

Pukul 12.25 WITA, tiga unit speedboat milik Plataran menuju Perairan Bidadari untuk mengevakuasi semua penumpang kapal dan langsung membawa mereka ke Plataran Resort Labuan Bajo.

Baca juga: Kapal Wartawan Istana Terbalik di Labuan Bajo, Semua Penumpang Selamat

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X