Saat Idul Pulang ke Rumah dengan Ikan Marlin Tertancap di Leher...

Kompas.com - 21/01/2020, 15:40 WIB
Muhammad Idul (16) pasca operasi pengangkatan moncong ikan sori yang menancap di lehernya di ruang UGD RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Senin (20/1/2020). Dok Humas RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo MakassarMuhammad Idul (16) pasca operasi pengangkatan moncong ikan sori yang menancap di lehernya di ruang UGD RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Senin (20/1/2020).

KOMPAS.com - Saat memancing di laut, seorang remaja bernama Muhammad Idul (16) mengalami luka setelah seekor ikan marlin meloncat dan tertancap di lehernya, Sabtu (18/1/2020).

Setelah insiden itu, menurut keterangan sang ayah, Saharuddin (42), Idul pulang ke rumah dalam kondisi sadar dan dengan ikan marlin yang masih tertancap di leher.

"Dia sendiri yang pegang ikannya yang sudah mati. Setelah itu baru dibawa ke rumah sakit," ujar Saharuddin.

Baca juga: Leher Remaja ini Tertusuk Moncong Ikan Marlin Sedalam 15 Cm Saat Memancing di Laut

Saharuddin lalu segera membawa anaknya ke Rumah Sakit Siloam, Baubau, Sulawesi Tenggara. 

Di sana, perawat memotong bagian tubuh ikan dan menyisakan moncong ikan marlin di leher anaknya.

Menurut Saharuddin, rumah sakit tersebut kekurangan alat untuk melepaskan monong ikan marlin dari leher Idul. Dirinya pun segera dirujuk ke RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo di Makassar.

"Jadi hari minggu malam dengan naik pesawat saya bersama Idul dengan keluarga lain tiba di Makassar," ucap Saharuddin.

Baca juga: Detik-detik Moncong Ikan Marlin Menancap ke Leher Seorang Remaja Saat Sedang Memancing

Sementara itu, setelah menjalani operasi di RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, moncong ikan marlin berhasil dilepaskan.

Menurut tim dokter, panjang moncong ikan yang menancap di leher idul adalah sekitar 15 sentimeter.

"Operasinya berjalan lancar. Tadi dimulai sekitar pukul 10.00 WITA. Operasinya berjalan selama satu jam," kata direktur RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, Khalid Saleh, saat konferensi pers, Senin (20/1/2020) sore.

Kronologi Idul tertancap moncong ikan marlin

Moncong ikan sori alais marlin usai dikeluarkan melalui operasi dari leher remaja kelas 2 SMP Muhammad Idul di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Senin (20/1/2020).Istimewa Moncong ikan sori alais marlin usai dikeluarkan melalui operasi dari leher remaja kelas 2 SMP Muhammad Idul di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Senin (20/1/2020).
Menurut keterangan Saharuddin, pada hari Sabtu (18/1/2020) Idul berpamitan untuk memancing bersama seorang rekannya. Kegiatan memancing di malam Minggu memang sudah menjadi hobi Idul.

Lalu, saat di laut, rekannya menyenter ke arah laut, tiba-tiba seekor ikan Marlin ke permukaan dan langsung menancapkan moncong yang tajam ke leher siswa kelas 2 SMP tersebut.

"Kebetulan temannya itu ada senternya. Dinyalakan senternya terus ikannya loncat-loncat sehingga saya punya anak juga terbang satu meter dari perahunya," kata Saharuddin saat diwawancarai di RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Senin (20/1/2020) sore.

(Penulis: Kontributor Makassar, Himawan | Editor: David Oliver Purba)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X