Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Buaya Muncul Dekat Perusahaan Galangan Kapal

Kompas.com - 20/01/2020, 17:33 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Sebuah video penampakan buaya yang disebut berada di sekitar perairan dekat perusahaan PT Citra Nusa Kabil, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, beredar di media sosial dan grup WhatsApp.

Meski sebelumnya sempat dikatakan hoaks, namun setelah ditelusuri, video tersebut benar adanya dan berada di pinggiran perusahaan galangan kapal, PT Citra Nusa Kabil, Nongsa, Batam.

Purwanto, staf Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Batam yang dihubungi melalui telepon membenarkan video tersebut.

Baca juga: Mayat Wanita Mengambang di Waduk, Sempat Dikira Korban Terkaman Buaya

 

Hanya saja, ia belum dapat memastikan jenis buaya tersebut, apakah buaya muara ataupun senyulong.

“Kamarin kami sudah tinjau lokasi, namun buaya yang dimaksud tidak ketemu, makanya kami juga belum bisa memastikan buaya jenis apa,” kata Purwanto.

Dilihat dari video yang beredar, Purwanto juga menegaskan belum bisa mesatikannya karena bentuk buaya senyulong dan buaya muara hampir-hampir mirip.

Yang jelas, lanjut Purwanto jika buaya tersebut merupakan buaya senyulong, masyarakat tidak perlu khawatir karena buaya tersebut tidak memakan manusia, melainkan memakan ikan.

“Tapi kalau buaya muara, itu yang kejam, karena bisa memakan orang. Namun sampai saat ini kami juga belum memastikan apakah benar buaya tersebut ada di Batam sesuai video atau tidak, namun sampai saat ini kami terus melakukan koordinasi dan pengintaian,” jelasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Kombes Harry Goldenhartd mengatakan, Ditpolairud Polda Kepri langsung merespons cepat keresahan masyarakat dan pekerja sekitar terkait buaya itu.

Satu unit kapal patroli Ditpolairud Polda Kepri ditugaskan khusus memburu buaya yang muncul seperti pada video viral tersebut.

“Sejak kemarin, personel Ditpolairud Polda Kepri sudah lakukan pengintaian dan pencarian terhadap keberadaan buaya tersebut,” jelas Harry.

Baca juga: Buaya Terjerat Ban Bekas Muncul Lagi Setelah 3 Tahun, Begini Kondisinya...

Diakuinya, sampai saat ini memang belum ditemukan. Namun personel Ditpolairud Polda Kepri telah melakukan koordinasi dengan nelayan sekitar untuk segera melaporkannya jika melihat kemunculan buaya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com