Ibu di Palembang Ini Jual Bayi yang Baru Dilahirkan Seharga Rp 25 juta

Kompas.com - 20/01/2020, 17:08 WIB
Barang bukti yang diamankan petugas dari empat pelaku sindikat perdagangan bayi saat gelar perkara di Polrestabes Palembang, Senin (20/1/2020). Dari hasil pemeriksaan, bayi tersebut dijual seharga Rp 25 juta. KOMPAS.COM/AJI YK PUTRABarang bukti yang diamankan petugas dari empat pelaku sindikat perdagangan bayi saat gelar perkara di Polrestabes Palembang, Senin (20/1/2020). Dari hasil pemeriksaan, bayi tersebut dijual seharga Rp 25 juta.

PALEMBANG, KOMPAS.com - Polisi menangkap empat pelaku perdagangan bayi yang baru dilahirkan di Palembang, Sumatera Selatan.

Kapolrestabes Palembang Kombes Anom Setiyadji mengatakan, keempat pelaku yakni Darmini (40), Marlina (39), Sri Ningsih (44), dan Mariam (62) ditangkap pada Senin (13/1/2020) di kawasan Slamet Riady Kelurahan 8 Ilir, Palembang.

Ironisnya, kata Anom, salah satu pelaku yakni Darmini tega menjual bayinya sendiri yang berkelamin perempuan seharga Rp 25 juta.


"Kita mengamankan tersangka Sri Ningsih yang hendak menjual bayi kepada tersangka Maryam," kata Anom, Senin (20/1/2020).

Baca juga: Terjerat Utang, Suami Istri di China Jual Bayi Kembar Mereka

Dari penangkapan dua tersangka tersebut, petugas kembali melakukan pengembangan dan menangkap Marlina (39) dan Darmini (40), ibu kandung bayi tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, bayi tersebut hendak dijual tersangka Sri Ningsih seharga Rp 25 juta.

" Bayi yang hendak dijual itu berjenis kelamin perempuan. Tersangka Sri Ningsih baru menerima uang DP Rp 1 juta dari tersangka Mariyam," ujarnya.

Baca juga: Dalam 2 Hari, Dua Jenazah Bayi Ditemukan di Denpasar

Anom mengungkapkan, kondisi bayi tersebut dijual setelah baru tiga hari dilahirkan.

Saat ini, bayi malang itu dititipkan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Atas perbuatan mereka, keempat tersangka dikenakan Pasal 76 huruf F Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan hukuman penjara selama 15 tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X