Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Bencana, BPBD Cianjur Siagakan 1.800 Retana di 32 Kecamatan

Kompas.com - 17/01/2020, 23:03 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Dony Aprian

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyiagakan 1.800 relawan tanggap bencana (Retana) yang tersebar di 32 kecamatan.

Sekretaris BPBD Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan mengatakan, sejak dikukuhkan akhir 2019, Retana menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana di lapangan.

“Kita sangat terbantu dengan keberadaan para relawan ini. Terlebih, sejak awal tahun sudah ada sepuluh kali bencana di Cianjur,” kata Mokhamad Irfan Sofyan kepada Kompas.com, Jumat (17/01/2020).

Baca juga: BPBD Cianjur: Tebing Tanjakan Mala Berpotensi Longsor Susulan

Dijelaskan Irfan, keberadaan lima orang retana di setiap kampung di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur, cukup meringankan tugas personel BPBD yang hanya berjumlah 52 orang.

Terlebih, Kabupaten Cianjur termasuk wilayah dengan indeks risiko bencana tertinggi di Indonesia.

Semua jenis bencana berpotensi terjadi di daerah seluas 3,8 ribu kilometer persegi ini.

"Mereka kepanjangan tangan BPBD dalam penanggulangan bencana, termasuk memberikan edukasi terkait upaya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana," katanya.

Baca juga: Dua Hektar Sawah Gagal Tanam Akibat Pergerakan Tanah di Cianjur

Dia berharap, melalui upaya mitigasi bencana, nantinya pemetaan kerawanan bencana bisa terdeteksi lebih dini, dan langkah penanggulangannya dapat dilakukan dengan lebih cepat.

"Kendati begitu, upaya pencegahan tentunya lebih diutamakan. Tahun ini pun, soal kebencanaan lebih difokuskan pada langkah pencegahan, mengingat penanganan cost-nya tinggi. Jika pencegahan dan kesiapsiagaan bencana dikedepankan, maka dapat menekan biaya lebih kecil," ujar Irfan.

Sementara itu, Polres Cianjur telah menyiagakan 150 personel untuk terlibat dalam satgas bencana tahun ini.

Baca juga: Sepekan Terakhir, BPBD Catat 9 Kali Bencana di Cianjur

Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Mulyana menuturkan, jajarannya juga menyiapkan perahu karet dan kano, termasuk alat berat yang siap ditempatkan di titik tertentu sebagai antisipasi bencana. 

“Bersama BPBD, TNI dan elemen masyarakat lainnya, kita bersama-sama melaksanakan antisipasi dan penanggulangan bencana,” kata Kata.

Sebagai upaya pencegahan bencana, kata Jaka, Polres Cianjur telah menanam bibit pohon sebanyak 8.042 batang di atas lahan seluas 7 hektare lebih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com