Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 5,1 Guncang Sarmi, Papua

Kompas.com - 15/01/2020, 16:48 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Gempa mengguncang Kabupaten Sarmi, Papua, pada Rabu (15/1/2020) pukul 15.25 WIT.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 5,1," ujar Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Simondili, di Jayapura.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.82 LS dan 138.91 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 20 km arah Timur Kota Sarmi, Papua, pada kedalaman 13 km.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Kupang, NTT

Menurut dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan sesar lokal.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar," kata Petrus.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sarmi, III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah).

"Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Petrus.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Kupang, ASN Berhamburan Keluar Kantor

Gempa tersebut dipastikannya tidak berpotensi menyebabkan tsunami, namun masyarakat diharap tetap waspada untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com