Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Nelayan Aceh Utara Temukan Kapal Asing Tanpa Awak

Kompas.com - 15/01/2020, 07:44 WIB
Raja Umar,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BIREUEN, KOMPAS.com - Sebuah kapal asing tanpa awak ditemukan oleh nelayan wilayah Kreung Mane, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara dalam kondisi terombang ambing sekitar 15 mill dari daratan. 

“Kami menemukan kapal itu terbawa arus pada Jumat (10/10/2020) petang," kata Iswandi, nelayan yang menemukan kapal asing tanpa awak itu kepada Kompas.com, Selasa (14/01/2020).

Dia menemukan kapal asing itu bersama dengan tiga rekannya. 

Awalnya, menurut  Iswandi, sebelum mereka mendekat ke kapal itu awalnya mengira ada ABK di dalam kapal. Kapal itu sendiri tertera tulisan diduga bahasa Thailand. 

Namun setelah merepat dan memanggil, tidak ada awak di atas kapal, sehingga mereka memberanikan naik ke atas kapal untuk memastikan sang pemilik.

Baca juga: [POPULER NUSANTARA] Kapal Asing Masih Terdeteksi di Natuna | Pasangan Pengantin Baru Tewas di Kamar Kos

“Setelah kami lihat terombang-ambing dan kami panggil tidak ada orang, kami coba pastikan naik ke kapal. Tapi setelah kami cek tidak ada orang, sehingga memberitahukan kepada Panglima Laot setempat,” katanya.

Setelah melaporkan  kepada Panglima Laot Kreung Mane terhadap penemuan kapal asing  tanpa ada awak itu, Iswandi kemudian bersama tiga rekannya pada Jumat (10/01/2020) malam  menarik kapal asing tersebut  ke daratan PPI Kreung Mane untuk diamankan.

“Setelah kami lapor kepada Panglima laot, kemudian kami tarik kapal tersebut ke daratan untuk diamankan, sampainya ke PPI Sabtu pagi,” katanya.

Sementara itu Rusdi Panglima Laot, Kreung Mane mengatakan terhadap kapal asing temuan anggota nelayannya itu kini sudah ditambatkan di PPI Kreung Mane dan sudah dilaporkan ke pihak otoritas keamanan laut setempat. 

"Setelah sampai ditarik ke dermaga langsung saya lapor ke Danpos Marinir Airud dan Kapolsek,” katanya.

Baca juga: Kapal Asing Masih Berkeliaran, Kenapa Mereka Suka Mencari Ikan di Natuna?

Diduga dari Thailand

Rusdi menyebutkan kapal asing itu diduga asal Thailand karena di dalam kapal ada ditemukan dokumen dan identitas yang diduga bahasa Thailand. 

“Dugaannya kapal asal Thailand karena ada beberapa dokumen didalamnya bertulisan bahasa Thailand," kata Rusdi. 

Namun untuk kepastiannya, kasus kapal asing tersebut sudah ditangani oleh pihak Badan Keamanan Laut (Bakamla) personil Lanal Pos Muara Batu. 

Bekerja sama dengan pihak Imigrasi, Syahbandar dan Polsek setempat. 

Baca juga: 30 Kapal Asing Masih di Laut Natuna, TNI Lanjutkan Pemantauan Udara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com