Tilang Elektronik di Semarang, Warga: Membingungkan, Kalau Kendaraan Pelat Luar Kota Gimana?

Kompas.com - 14/01/2020, 16:03 WIB
Uji coba sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dengan penambahan empat fitur terbaru mulai diberlakukan pada Senin (1/7/2019) ini di 10 titik di ruas Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin. RINDI NURIS VELAROSDELAUji coba sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dengan penambahan empat fitur terbaru mulai diberlakukan pada Senin (1/7/2019) ini di 10 titik di ruas Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.

SEMARANG, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Semarang, Jateng.

Sistem tilang berbasis elektronik tersebut akan secara otomatis mendeteksi pelanggaran lalu lintas dan identitas kendaraan.

Sementara untuk memudahkan pengawasan petugas, dua kamera langsung terhubung ke ruang Regional Traffic Management Center (RTMC) Ditlantas Polda Jateng.

Saat ini polisi tengah melakukan uji coba. 

Terkait tilang elektronik ini, sejumlah pengendara di Kota Semarang mengaku masih belum begitu mengerti mekanisme penerapan tilang tersebut.

Namun, Wibisono (41) warga asal Pedurungan, Semarang mengaku mendukung penerapan tilang berbasis elektronik di Kota Semarang.

Baca juga: Ingat, Tilang Elektronik Segera Berlaku di Semarang

Menurutnya, aturan tersebut penting untuk diterapkan agar pengguna jalan lebih mentaati peraturan dan meningkatkan ketertiban lalu lintas.

Terlebih dengan adanya pelarangan menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak akan lagi merugikan pengendara lainnya.

"Pelanggar bisa dapat segera terekam (kamera) CCTV. Jadi bisa lebih cepat dan efektif untuk segera dikenakan sanksi. Karena akan sangat mengganggu pengendara yang lain jika ada yang menggunakan handphone saat berkendara," ujar Wibisono, saat berbincang dengan Kompas.com di Semarang, Selasa (14/1/2020).

Lain halnya dengan Budi (38), warga asal Sampangan, Semarang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X