Tarmuji Jualan Roti Keliling Sambil Gendong Anak Lumpuh Layuh, Ini Respon Pemerintah

Kompas.com - 13/01/2020, 11:15 WIB
Tarmuji dan anaknya warda Desa Tegaldowo, Tirto, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah saat hendak berjualan roti keliling. Kompas.com/Ari HimawanTarmuji dan anaknya warda Desa Tegaldowo, Tirto, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah saat hendak berjualan roti keliling.

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Viralnya penjual roti keliling sambil gendong anak di Desa Tegaldowo, Tirto Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mendapat perhatian pemerintah daerah.

Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti mengatakan, dinas terkait sudah mengunjungi rumah Tarmuji (52) yang tinggal bersama Fitri Agustina (6) dan seorang kakak yang duduk di bangku SMK.

"Tarmuji sudah punya kartu BPJS. Dulu anaknya Fitri waktu masih balita selalu dapat bantuan PMT," kata Arini dalam pesan WhatsApp saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/1/2020).


Baca juga: Kisah Tarmuji, Berjualan Roti Keliling Sambil Gendong Putrinya yang Lumpuh Layuh

Arini menambahkan, semenjak istrinya meninggal 6 bulan lalu, Tarmuji tidak pernah periksa ke puskesmas lagi.

Saat terakhir diperiksa, Fitri terkena tumbuh kembang yang terlambat karena kurang gizi.


"Secepatnya akan dirujuk dengan indikasi developmental delayed ke RSUD kraton," tambah dia.

Kepala Seksi Urusan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Desa Wangandowo Kuntari menjelaskan, pihaknya sudah memberikan sejumlah bantuan untuk keluarga Tarmuji.

"Memang benar Pak Tarmuji anaknya ikut berjualan karena di rumah tidak ada yang menjaga. Kami pihak desa terus berupaya agar keluarga tersebut mendapat bantuan dari pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Tarmuji Jualan Roti Keliling Sambil Gendong Anak dengan Motor yang Remnya Blong

Kisah Tarmuji viral ketika dirinya berjualan roti keliling dengan menggendong anaknya yang mengalami tumbuh kembang yang terlambat sehingga susah berjalan dan mengalami lemas.

Apa yang dilakukan Tarjumi tersebut bukan tanpa sebab, istrinya meninggal dunia pada Agustus 2019 silam.

UPDATE: Kompas.com menggalang dana untuk membantu perjuangan Pak Tarmuji. Sumbangkan rezeki Anda untuk membantu meringankan beban mereka dengan cara klik di sini untuk donasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X