Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Cuaca Ekstrem Landa NTT hingga 15 Januari 2020 Mendatang

Kompas.com - 12/01/2020, 10:59 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisik (BMKG) mengumumkan adanya cuaca ekstrem yang akan melanda Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai 12 hingga 15 Januari 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Kupang, Agung Sudiono Abadi, kepada sejumlah wartawan, Minggu (12/1/2020) pagi.

Menurut Agung, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer pada tanggal 12 Januari 2020 pukul 10.00 Wita, Siklon Tropis Claudia kategori dua teridentifikasi terjadi di Samudera Hindia sebelah selatan NTT dengan koordinat 14.0LS, 123.6BT (364 kilometer tengggara Stasiun Meteorologi DC Saudale Kabupaten Rote, NTT).

Baca juga: Monsun Asia Berdampak Cuaca Ekstrem di Sumedang hingga Februari, BPBD Imbau Warga Waspada

Siklon itu, lanjut Agung, diprakirakan akan semakin kuat menuju kategori tiga dan menyebabkan terjadi pertemuan angin (konvergensi) serta belokan angin di atas wilayah NTT.

"Anomali suhu muka laut di wilayah Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara berkisar -0.5°C hingga +1.75°C yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan angin kencang," kata Agung.

Kondisi ini, lanjut Agung, dapat berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang yang berpotensi mencapai lebih dari 30 kilometer per jam di hampir seluruh wilayah NTT dalam periode beberapa hari ke depan.

Cuaca ekstrem ini terjadi terutama di Kabupaten Sabu Raijua, Rote Ndao, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Lembata, Nagekeo, Alor, sebagian Flores Timur, serta Sumba Timur.

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem di Jateng, Ganjar Dirikan Posko Bencana Terpadu

Pihaknya mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, sambaran petir, dan jalan licin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com