Viral Tarmuji Jualan Roti Keliling Sambil Gendong Putrinya yang Lumpuh Layuh, Ini Faktanya

Kompas.com - 11/01/2020, 06:00 WIB
Tarmuji dan anaknya warda Desa Tegaldowo, Tirto, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah saat hendak berjualan roti keliling. Kompas.com/Ari HimawanTarmuji dan anaknya warda Desa Tegaldowo, Tirto, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah saat hendak berjualan roti keliling.

KOMPAS.com - Tarmuji (52), warga Desa Tegaldowo, Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, terpaksa berjualan roti sambil menggendong anaknya, Fitri Agustina (6,5), yang menderita lumpuh layuh.

Hal itu dilakukannya sejak istrinya, Sitiyah, meninggal dunia Agustus 2019 lalu. Dengan alasan tak ada yang menjaga Fitri di rumah, Tarmuji pun terpaksa mengajak Fitri berkeliling jualan roti. 

Sementara itu, kakak kandung Fitri, Tika Novianti, masih harus bersekolah. Upah dari berjualan tersebut akan digunakan Tarmuji untuk biaya sekolah dan renovasi rumahnya yang terkena air rob. 


UPDATE: Kompas.com menggalang dana untuk membantu perjuangan Pak Tarmuji. Sumbangkan rezeki Anda untuk membantu meringankan beban mereka dengan cara klik di sini untuk donasi.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Berjualan hingga ke wilayah kota

Setiap hari, Tarmuji berkeliling jajakan roti bersama putrinya dari pagi hingga menjelang petang hari.

"Kalau jualan saya gendong di depan motor keliling kabupaten, bahkan Kota Pekalongan, seperti di Pasar Batik Setono," kata Tarmuji di rumahnya, Jumat (10/1/2020).

Dirinya pun mengaku kasihan dengan putrinya harus ikut bekerja, apalagi saat musim hujan tiba.

Namun, karena desakan ekonomi, dirinya terpaksa melakukan hal tersebut.

Baca juga: Tarmuji Jualan Roti Keliling Sambil Gendong Anak dengan Motor yang Remnya Blong

2. Mendapat simpati warga

Tarmuji menyuapi anaknya yang menderita lumpuh layu disela istirahat berjualan roti keliling.Kompas.com/Ari Himawan Tarmuji menyuapi anaknya yang menderita lumpuh layu disela istirahat berjualan roti keliling.

Selama Tarmuji bekerja bersama putrinya, banyak orang yang bersimpati dan memberi jajan atau makanan kepada putrinya. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X