Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Bandung Berpotensi Hujan Lebat hingga 12 Januari Mendatang

Kompas.com - 09/01/2020, 19:53 WIB
Reni Susanti,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan selama 9-12 Januari 2020, Bandung berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Pada periode tersebut (9-12 Januari 2020), daerah Bandung juga terdapat potensi hujan sedang hingga lebat sama seperti Jabodetabek,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A Fachri Radjab kepada Kompas.com, Kamis (9/1/2020).

Fachri menjelaskan, potensi hujan yang akan terjadi 9-12 Januari 2020 tidak begitu ekstrem seperti pada hujan 1 Januari 2020 kemarin.

Baca juga: Angin Monsun Asia Picu Hujan Lebat di Sulawesi Selatan, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi

Meski demikian, masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.

Dia mengungkapkan, dari hasil analisis dinamika atmosfer, aktivitas angin monsun Asia menunjukkan masih signifikan.

Terlebih, gelombang atmosfer (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia.

Sementara pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Banten bagian utara hingga Nusa Tenggara, berpotensi cukup signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek dan Bandung.

Baca juga: BMKG: Jabodetabek Diprediksi Dilanda Hujan dan Petir Hari Ini

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksi pada 9-10 Januari 2020, potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan kilat / petir (thunderstorm) dapat terjadi.

“Waktunya mulai dini hari menjelang pagi hari terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor,” katanya.

Intensitas hujan dapat menurun pada pagi menjelang siang hari, dan berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob di Pesisir Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan

Adapun 11-12 Januari 2020, secara umum, kondisi hujan di wilayah Jabodetabek, relatif berkurang dibandingkan dengan periode tanggal sebelumnya.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih dapat terjadi terutama di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, dan Tangerang.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, sambung Fachri, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 021-6546315/18 atau http://www.bmkg.go.id dan media sosial @infoBMKG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com