Ini Profil Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang Ditangkap KPK

Kompas.com - 08/01/2020, 12:35 WIB
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat mengunjungi rumah produksi tahu di sentra industri Desa Tropodo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/11/2019). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANBupati Sidoarjo Saiful Ilah saat mengunjungi rumah produksi tahu di sentra industri Desa Tropodo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/11/2019).

SURABAYA, KOMPAS.com - Masa jabatannya sebagai Bupati Sidoarjo masih setahun lagi, namun perjalanan karir Saiful Ilah terancam berakhir di balik jeruji besi, mengikuti mantan Bupati Sidoarjo sebelumnya, Win Hendarso.

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkapnya Selasa (7/1/2020) malam di Pendopo Sidoarjo, dalam dugaan kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo itu bukan pejabat baru di Sidoarjo.

Baca juga: KPK Sebut OTT Bupati Sidoarjo Hasil Penyadapan sejak Lama

 

Sebelum menjabat bupati, dia sudah menjabat Wakil Bupati Sidoarjo 2 periode mendampingi Win Hendarso.

Win Hendarso sendiri pada 2013 divonis 5 tahun penjara karena kasus korupsi dana Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Sidoarjo senilai Rp 2,4 miliar.

Sukses mendampingi Win Hendarso selama 2 periode (2000-2010), Saiful Ilah yang populer dengan panggilan "Abah Ipul" itu memenangkan Pilkada Sidoarjo pada 2010.

Ia kembali memenangkan Pilkada Sidoarjo untuk periode 2016-2021 bersama Nur Ahmad Syaifuddin.

Selain sukses di karir politik, pria kelahiran 9 Agustus 1949 itu juga terkenal sebagai pengusaha.

Sejumlah posisi penting di sejumlah perusahaan tercatat pernah didudukinya, antara lain, Dirut PT Mitralam Kalimantan Persada (1995), Presdir PT Hexamitra Charcoalindo (1996), Presdir PT Mustika Light Metal (2000), dan Dirut PT Gresik Mustika Timur (1985).

Baca juga: OTT Bupati Sidoarjo, Operasi Perdana Firli Bahuri Dkk Pasca-berlakunya UU KPK

Di Pilkada serentak 2020, Saiful Ilah berencana mendorong Amir Aslichin putranya untuk maju Pilkada Sidoarjo.

Amir Aslichin saat ini menjabat anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi PKB.

Operasi tangkap tangan kemarin merupakan operasi tangkap tangan pertama yang dilakukan KPK sejak UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK berlaku pada 17 Oktober 2019. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X