Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Aktivitas Wisata Taman Nasional Komodo Dihentikan Sementara

Kompas.com - 06/01/2020, 21:54 WIB
Markus Makur,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Aktivitas wisata di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dihentikan sementara waktu.

Penghentian itu akibat cuaca buruk berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Manggarai Barat yang diterima pihak otoritas Balai Taman Nasional Komodo.

BMKG Stasiun Manggarai Barat memberikan peringatan cuaca sangat buruk untuk pelayaran di seluruh Manggarai Barat dan NTT.

Hal itu dijelaskan Kepala Balai Taman Nasional Komodo Manggarai Barat Awang saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/1/2020).

Baca juga: Diduga Bunuh Pensiunan TNI, Tukang Ojek Ditangkap

Awang mengatakan, otoritas Balai Taman Nasional Komodo mengimbau agar para wisatawan tidak memaksakan diri melakukan aktivitas di wilayah perairan Taman Nasional Komodo hingga kondisi cuaca membaik.

Selain itu, para pelaku wisata dapat lebih dulu meminta izin dari pihak Syahbandar Kelas II Labuan Bajo apabila ingin berwisata di perairan Taman Nasional Komodo.

"Saya mengimbau kepada para pelaku wisata dan wisatawan untuk menaati peringatan dari BMKG dan otoritas syahbandar Kelas II Labuan Bajo apabila mau berwisata ke perairan Taman Komodo," kata Awang.

Baca juga: Cuaca Buruk, ASDP Tutup Semua Rute Pelayaran Ferry di NTT

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Labuan Bajo Simon Baot mengatakan, pelayaran dengan kapal dan perahu nelayan di seluruh wilayah perairan Manggarai Barat ditutup sementara.

Begitu juga pelayaran ke Taman Nasional Komodo serta kapal Ferry yang melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Sape, NTB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com