Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Daerah di Sumsel Ditetapkan Siaga Banjir dan Tanah Longsor

Kompas.com - 06/01/2020, 19:12 WIB
Aji YK Putra,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak lima daerah di Sumatera Selatan, ditetapkan sebagai lokasi siaga banjir dan tanah longsor selama musim hujan berlangsung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah mengatakan, lima daerah yang menjadi lokasi siaga bencana yakni Musi Banyuasin (Muba), Musi Rawas (Mura) dan Musi Rawas Utara (Muratara) sebagai daerah rawan banjir.

"Untuk Pagaralam sudah ditetapkan status siaga tanah longsor. Daerah perairan seluruhnya masuk ke rawan banjir," kata Iriansyah dalam rapat koordinasi siaga bencana di Polda Sumsel, Senin (6/1/2020).

Baca juga: Soal Viral Video Longsor di Sumedang, Ini Kata Kapolres Soal Pengusaha Tambang

Iriansyah menjelaskan, lima daerah tersebut selalu menjadi tempat lokasi bencana banjir dan tanah longsor saat musim hujan berlangsung.

Sehingga, BPBD bersama tim gabungan TNI/Polri disiagakan membantu warga yang terkena bencana.

"Kita langsung bergerak cepat ketika bencana berlangsung untuk meminimalisir korban jiwa. Koordinasi tetap dilakukan dengan TNI, Polri dan SAR," ujarnya.

Baca juga: Target Sepekan Buka Akses Jalan Terisolir karena Longsor di Bogor, Menteri PUPR Tambah Alat Berat

Kepala Basarnas Palembang, Berty David Jeheskiel Kowaas mengaku, telah menyiapkan seluruh peralatan dan SDM untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Bahkan, pemerintah daerah rawan telah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu waspada. 

"Kalau sudah curah hujan tinggi, harus ada warning dari pemda kepada masyarakat. Semua tim standby 24 jam, mengantisipasi terjadinya bencana" tegas Berty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com