Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Jabar Minta Ulama Pilih Tokoh untuk Pilkada Serentak 2020

Kompas.com - 06/01/2020, 13:59 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat akan memberikan sejumlah nama kader PKB Jawa Barat yang akan diusung dalam Pilkada serentak 2020 kepada ulama dan kiai mashyur di Jabar.

Nantinya, para ulama yang menjadi rujukan dari PKB Jawa Barat diminta untuk melakukan shalat istikharah dalam menentukan sejumlah tokoh yang akan diusung sebagai bakal calon kepala daerah bakal calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada serentak di 8 kabupaten kota se-Jawa Barat tahun ini.

"Di pilkada serentak PKB tidak hanya berhasrat memenangkan pilkada, tapi kami juga ingin melahirkan para kepala daerah yang bisa menjalani kepemimpinannya secara amanah dan memberi maslahat bagi kepentingan rakyat. Untuk itu, kita juga akan lakukan istikharah untuk mendapat kepemimpinan ideal itu," kata Huda melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (6/1/2020).

Baca juga: 5 Nama Anggota Keluarga Tokoh Negeri yang Maju Pilkada 2020, Ada Anak Jokowi hingga Putra Amien Rais

Lebih lanjut Huda menambahkan, dengan rekomendasi dari para ulama dan kiai mashyur di Jawa Barat, calon-calon kepala daerah yang akan diusung PKB nantinya diharapkan menjadi pilihan tepat dan ke depannya  bisa menjadi kepala daerah yang mampu menjalankan kepemimpinan dengan amanah dan sesuai dengan nila-nilai dan norma  keislaman dan pancasila.

Meski demikian, Huda mengatakan PKB Jawa Barat tetap  mengedepankan popularitas dan elektabilitas tokoh yang akan diusung.

Selain itu, DPW PKB Jabar juga meminta para DPC PKB di 8 kabupaten kota yang akan menyelenggarakan pilkada untuk memprioritaskan kader organik untuk maju menjadi cabup maupun cawabup.

"Kita prioritaskan kader sendiri, tentu dilandasi oleh popularitas, dan elektabilitas," paparnya.

Sebagai salah satu persiapan dan koordinasi jelang Pilkada serentak, DPW PKB Jawa Barat memanggil para bakal calon yang akan diusung dalam Pilkada Serentak 2020 dan para ketua DPC PKB serta para Ketua Fraksi PKB di DPRD di seluruh kabupaten kota di Jawa Barat ke kantor DPW PKB Jabar ,Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Burangrang, Kota Bandung, Minggu (5/1/2020) malam.

Menurut Huda, rapat yang berlangsung tertutup selama dua jam tersebut adalah rapat pertama dengan agenda menampung informasi terkait pemetaan isu politik di 8 kabupaten kota yang akan melaksanakan pilkada.

Baca juga: 5 Nama Anggota Keluarga Tokoh Negeri yang Maju Pilkada 2020, Ada Anak Jokowi hingga Putra Amien Rais

Selain itu, dibahas pula terkait kesiapan potensi kader yang akan maju dalam pilkada serentak 2020.

bakal calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada serentak di 8 kabupaten kota se-Jawa Barat tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com