KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Wali Kota Semarang Lepas Mantan Kapolrestabes untuk Naik Jabatan

Kompas.com - 06/01/2020, 13:57 WIB
Inang Sh ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melepas mantan Kapolrestabes Semarang Kombes Abioso Seno Aji untuk naik pangkat menjadi Karo Paminal Divisi Propam Mabes Polri dalam acara Kenal Pamit Kapolrestabes Sabtu (4/1/2020).

Hendi (sapaan akrab Wali Kota Semarang) mengaku bangga sekaligus sedih. Sebagai sahabat, Abioso yang selalu mendukung program-program pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan bertugas di Jakarta.

Ia lantas berharap Abioso tidak berlama-lama bertugas di Jakarta dan bisa kembali untuk menjabat sebagai Kapolda Jateng yang baru di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu.

"Yang namanya sedulur (saudara), doa kami semuanya mewakili warga Kota Semarang, mudah-mudahan Mas Abi bisa sukses, sehat, dan jangan lama-lama di Jakarta, biar seperti Pak Nur Ali (Mantan Kapolrestabes Semarang dan Kapolda Jateng)," kata Hendi.

Baca juga: Begini Cara Ampuh Pemkot Semarang Atasi Banjir, Dulu jika Hujan Seperti Kolam Renang

Harapan Hendi diamini para tamu undangan, termasuk Nur Ali dan Kepala BNN Jateng Tri Agung.

Kenangan bersama Abioso

Pada kesempatan yang sama, Hendi juga membagikan kenangannya bersama Abioso ketika masih menjabat sebagai Kapolrestabes Semarang.

“Ada aura yang berbeda dari persahabatan kami dengan Mas Abi. Ngemong (merawat), kemudian juga mengarahkan,” kata dia.

Hendi juga membeberkan strategi Abioso yang menurutnya selama ini cukup efektif membuat Kota Semarang menjadi semakin kondusif.

Baca juga: Pakai Kantong Plastik, Izin Usaha Minimarket di Semarang Bakal Dicabut

“Banyak hal yang selama ini saya cermati, penanganan-penanganan Polrestabes ini keren. Angka kriminalitas juga turun,” kata Wali Kota Semarang.

Selain melepas mantan Kapolrestabes, Hendi juga mengucapkan selamat datang kepada Kapolrestabes Semarang yang baru, Auliansyah Lubis.

Ia berharap, setelah bertugas di Kota Semarang per tanggal 2 Januari 2020, Auliansyah dapat meneruskan tren positif yang telah dilakukan Kapolrestabes Semarang sebelumnya.

"Jangan rikuh (segan) dan ewuh-pekewuh (malu-malu). Seperti mas Abi dengan saya, jenengan (Anda) teman dan sedulur Mas Abi, berarti otomatis sedulur dan teman saya," kata Hendi.

Baca juga: Antisipasi Banjir, Pemkot Semarang Turunkan Ketinggian Air di Rumah Pompa

Sementara itu, Wali Kota Semarang juga mengaku bangga karena acara tersebut juga dihadiri para pejabat Polri.

"Ini menjadi catatan dan berkah bagi Kapolrestabes yang baru, Auliansyah Lubis. Baru pertama kali ini acara pisah sambut dihadiri seorang Brigjen Abioso dari Mabes Polri karena sedulur kita menuju ke posisi yang lebih baik," kata Hendi.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com