Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembok Pasar Jebol, Ruangan di SDN Jember Lor 05 Banjir

Kompas.com - 06/01/2020, 10:47 WIB
Bagus Supriadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com – Ruang laboratorium SDN Jember Lor 05 Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, masih mengalami banjir hingga Senin (6/1/2020).

Genangan air masih ada di ruang tersebut sehingga belum bisa dipakai. Sementara, ruang kelas kelas 1 A dan kelas 1 B sudah dibersihkan dan bisa dipakai.

Banjirnya ruang kelas tersebut karena tembok Pasar Kreongan yang ada di depan kelas ambrol setelah hujan deras pada Jumat (3/12/2020) lalu.

Baca juga: 19 Sekolah di Lebak Diliburkan Akibat Banjir Bandang

 

Akibatnya, dua ruang kelas banjir dan para pelajar sempat belajar di ruang kelas pada hari Sabtu.

“Hujan dan angin, tembok ambruk saya langsung lihat ke sana,” kata Kusnan, penjaga sekolah SDN Jember Lor 05 saat ditemui Kompas.com, Senin. 

Dampaknya, air selokan itu meluber ke ruang kelas sekolah yang ada di bawah pasar. Bahkan, sampah pasar juga masuk ke ruang kelas.

Sampai hari ini, tembok pasar yang ambrol tersebut masih belum diperbaiki. Sementara, temboknya sudah miring dan berpotensi roboh.

“Ini kalau hujan deras lagi, ruang kelas bisa banjir lagi,” kata dia.

Selain itu, kata dia, para pelajar juga takut ketika melewati gang jalan menuju sekolah. Sebab, temboknya sudah miring mau roboh.

Baca juga: Pengungsi Banjir di Bogor Butuh Bantuan Makanan, Pakaian dan Obat-obatan

 

“Wali murid mengeluhkan hal ini, takut roboh kena anaknya,” tambah Taufik, wali murid kelas IV SDN Jember Lor 05 sekaligus juga wakil ketua komite sekolah.

Dia berharap, pemerintah segera memberikan solusi atas ambruknya tembok pasar tersebut.

Sebab, bila dibiarkan, membahayakan keselamatan para pelajar. “Jalan masuk ke sekolah dua meter, tinggi tembok yang roboh tiga meter,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com