Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rubicon Bupati Karanganyar yang Dibilang Keren tapi Gagal Nanjak

Kompas.com - 04/01/2020, 22:00 WIB
Pythag Kurniati

Editor


KOMPAS.com- Pengadaan mobil dinas baru Bupati Karanganyar Juliyatmono sempat menuai kontroversi di kalangan masyarakat.

Pasalnya, mobil yang didatangkan tak main-main, yakni Jeep Wrangler Rubicon seharga Rp 1,98 miliar.

Pro dan kontra muncul karena harganya di atas rata-rata mobil dinas yang kerap dipakai pejabat pemerintah, seperti Toyota Camry, Avanza, Innova hingga Fortuner.

Baca juga: Pengadaan Rubicon Bupati Karanganyar Dinilai Melukai Hati Rakyat

Bupati bantah minta Rubicon

mobil dinas Bupati Karanganyar Jeep Wrangler Rubicon saat melintas di jalan raya wilayah Karanganyar.ari purnomo mobil dinas Bupati Karanganyar Jeep Wrangler Rubicon saat melintas di jalan raya wilayah Karanganyar.

Yuli, sapaan bupati Karanganyar, membantah jika dirinya yang menginginkan mobil jip tersebut.

Menurutnya, justru jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Karanganyar yang menghadiahkan mobil itu kepada Yuli sebagai bentuk penghargaan.

"Karena itulah, barangkali eksekutif toh sudah banyak prestasi-prestasi, termasuk penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha apa yang mau dikasihkan ke saya mungkin. Karena saya tidak pernah meminta," ucapnya, Jumat (6/12/2019) lalu.

Dia menegaskan sejak menjabat Bupati Karanganyar pada 2013 tidak pernah meminta mobil ataupun fasilitas lain yang berlebihan.

"Saya sejak dulu, sejak saya dilantik 2013 tidak pernah meributkan soal diri saya sendiri. Tugas saya bekerja. Bagaimana agar Karanganyar ini berubah," lanjutnya.

Baca juga: Saat Perangkat Desa dan Bupati Gunakan NMAX dan Rubicon...

Anggap Rubicon keren

Mobil dinas jip Rubicon milik Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/12/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Mobil dinas jip Rubicon milik Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/12/2019).

Yuli mengakui suka dengan mobil jip sejak kecil dan memiliki sebuah jip Cherokee yang dia sebut kerap digunakan untuk terjun ke lapangan.

Mobil-mobil tersebut, menurutnya adalah kendaraan yang paling layak digunakan untuk medan pegunungan seperti Karanganyar.

"Kalau di Karanganyar ini pengalaman saya setiap hari di kampung-kampung, di gunung-gunung, itu memang yang paling ideal (kendaraan) jip. Jip yang paling layak dan kira-kira sesuai medan itu kan hanya itu (Rubicon). Hasilnya Rubicon. Keren kan," katanya tertawa.

Pria yang juga menjabat Ketua DPD Golkar Karanganyar itu pun menganggap Rubicon sebagai mobil yang tidak dipakai semua orang.

"Kalau soal kendaraan ini ya. Sekelas Alphard, sedan, Fortuner, atau apa pun itu sekarang bisa diperoleh di mana pun dengan cara rental. Mungkin juga sekarang jadi kendaraan taksi. Yang tidak digunakan Grab taksi itu hanya Rubicon," ujarnya.

Baca juga: Ini Spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon, Mobil Dinas Bupati Karanganyar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com